Kamis, 20 Agustus 2009

Prosessor sinting X Box 360 dan PS3

Dua konsol game ini sama- sama pake prosesor berbasis multi core yang merupakan teknologi mutakhir dari prosesor dalam sebuah chip computer. Prinsipnya si pembuat memasukan sebanyak mungkin prosesor ke dalam satu buah chip. Sementara dalam terminology computer prosesor adalah tukang mikir dan menghitung kalkulasi matematika. Bayangin kalo dalam sebuah otak ada jutaan pemikir yang pinter dan berpikir sama cepatnya. Canggih nggak tuh!


PS3 pake prosesor Cell 3.2 giga hertz yang berbasis PowerPc Core dengan 7 unit pemroses yang bekerjasama. Dalam satu chip prosesor besutan Sony-Toshiba-IBM ini ada 234 juta transistor. Sebagai pembanding CPU yang dipake prosesor Pentium Extreme Edition Cuma punya 200 juta transistor dalam satu chip.

Yang bikin cell jalannya cepat adalah bantuan dari elemen pemrosesan data di dalamnya. Cell Cuma berfungsi sebagai prosesor pengatur. Cell mendelegasikan proses perhitungan ke dalam 8 prosesor lain dalam chip. System ini yang di sebut Synergistic prosessing Elements.

X Box 360 pake prosesor multi core PowerPc yang punya 3 inti dual-threaded yang mampu menghandle 6 thread dalam satu waktu. Tiap core prosessor bisa memproses 2 thread secara simultan. Thread adalah sekumpulan intruksi untuk program pekerjaan. Core memproses sejumlah intruksi ini dan melakukan semua kerja berat untuk semua perintah.



Prosessor konvensional Cuma mampu menjalankan satu perintah thread. Bedanya, core X Box 360 bisa menghandle 2 thread sekaligus dalam satu waktu. Makanya CPU X Box 360 sama dengan 6 prosessor konvensional dalam satu mesin.

Ini artinya ketika main game di X Box 360 dan PS3, core di dalamnya ada yang ngurusin suara , ada yang ngurusin game play dan system lain biar game jalannya cepet. System juga dapat mengalokasikan seluruh prosessor untuk ngerender grafis tingkat tinggi. Ini yang bikin game jadi nggak patah- patah ketika di mainin.

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa