Kamis, 04 Maret 2010

Sejarah Sepak Bola Modern

Sepak bola nggak terbantahkan menjadi olahraga favorit mayoritas penduduk Planet Bumi. Apalagi salah satu event sepak bola paling megah akan di gelar Juni nanti. Ada beberapa info dari perjalanan sepak bola modern. Berikut infonya.

Tahun 1815
Elton College membuat peraturan baku sepak bola, yaitu peraturan Rugby

Tahun 1848
Aturan yang terkenal dengan nama Cambridge Rules muncul dan lebih disukai oleh banyak universitas dan akedemi di Inggris. Ini merupakan produk aturan sepak bola.

Tahun 1863
Sebelas klub sepak bola London bertemu di Freemason’s Tavers membuat aturan dasar bermain sepak bola. Disinilah awal dari terbentuknya Football Association (FA) Inggris ada.

Tahun 1868
FA memasukan aturan larangan menyentuh bola dengan tangan. Aturan ini sebagai penanda pecahnya sepak bola dengan Rugby.

Tahun 1888
William McGregor, direktur Aston Villa, membujuk 12 klub menyetujui jadwal partai kandang- tandang. Liga Inggris resmi berjalan tanggal 8 september 1888.

Tahun 1904
Federation Internationale de Football Association (FIFA). Dibentuk di Paris, Perancis.

Tahun 1930
Piala Dunia pertama di gelar di Uruguay 13 -30 Juli. Tuan rumah jadi juara setelah mengalahkan Argentina dengan skor 4 – 2.

Tahun 1956
Untuk pertama kalinya Piala Champions di gelar Di Perancis. Awalnya pesertanya hanya juara liga dari Negara- Negara Eropa. Tahun 1992 format di ubah menjadi Liga dengan menambah jatah peserta.

Tahun 1966
Tim Nasional Inggris Cuma mampu meraih Piala Dunia di tahun ini ketika menjadi tuan rumah.]

Tahun 1970
Brasil meraih Piala Dunia Ketiga kalinya. Hasilnya Piala Jules Rimet berhak dimiliki Brasil selamanya. Sayangnya, tahun 1983 Piala tersebut hilang. Keberadaannya masih menjadi sesuatu yang misterius sampai saat ini.

Tahun 1974
Jerman sukses jadi Jawara Piala Dunia. Tapi tim yang mencuri hati penonton adalah Belanda. Di bawah permainan Johan Cruyff, Belanda di kenal sebagai team Total Football.

Tahun 1985
Tragedi Heysel terjadi ketika Juventus dan Liverpool bertemu di final Liga Champions. Juve keluar sebagai juara. Sementara korban berjatuhan di pihak supporter Juve juga banyak.

Tahun 1986
Argentina menjadi Juara Dunia di Piala Dunia Meksiko. Selain partai final melawan Jerman Barat, aksi Gol “tangan tuhan” dan solo run Maradona melawan Inggris menjadi kisah Klasik sepak bola.

Tahun 1994
Aturan Golden Goal di perkenalkan. Aturan ini di buat untuk menghindari adu penalti ketika pertandingan berakhir seri setelah dua babak 45 menit. Team yang mencetak gol di babak perpanjangan waktu otomatis menang.

Tahun 1996
Golden Goal resmi di pake di turnamen besar Piala Eropa 1996. Tahun 1992, Silver Goal mengganti aturan ini, karena Golden Goal dianggap membuat pertandingan jadi nggak seru.

Tahun 1998
David Beckham menendang kaki Diego Simeone dalam pertandingan Inggris vs. Argentina. Dan dia mendapat Kartu Merah. Beckham jadi musuh bersama Public Inggris sepulangnya.

Tahun 1998
Di pimpin Zinedine Zidane, Perancis mengukir prestasi sebagai juara Piala Dunia 98 setelah mengalahkan Brasil di final.

Tahun 2002
Piala Dunia 2002 secara komulatif di tonton pemirsa sebanyak 28,8 milyar orang.

Tahun 2002
Brasil meraih Gelar Piala Dunia kelima (1958, 1962, 1970, 1994, 2002) setelah mengalahkan Jerman di Final. Bersama Italia, Jerman, Inggris, Argentina, Perancis, Brasil menjadi Negara favorit setiap Piala Dunia.

Tahun 2004
Setelah Piala Eropa 2004, baik Golden Goal dan Silver Goal di hapus dari aturan resmi sepak bola.

Tahun 2004
FIFA mengakui kalo sepak bola lahir di Cina. Sejak tahun 200 SM, sepak bola yang waktu itu di namakan Cuju sudah dimainkan. Sementara Inggris menjadi tempat lahirnya sepak bola Modern.

Tahun 2006
Italia meraih gelar keempatnya di Piala Dunia 2006 setelah mengalahkan Perancis di Final. Ada insiden kecil di Partai Final itu. Zinedine Zidane menanduk perut bek Italia, Marco Materazzi. Konon, Materazzi memprovokasi Zidane.

Tahun 2010
Pesta Sepak bola 2010 termegah di dunia akan di Gelar Juni nanti. (kid-oest News : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa