Kamis, 11 Maret 2010

Awaaaaaassss…. Rokok Bikin Dehidrasi

Salah satu efek ngerokok emang bisa bikin dehidrasi! Biang keroknya apalagi kalo bukan nikotin yang ada didalam setiap batang rokok. Lo tau nggak, nikotin tuh sebenarnya bahan organic yang merupakan alkaloid tembakau atau sejenis bahan nitrogenous yang menyebabkan perubahan fisik dan psikologis pada manusia.

Nggak ngerti??? Sama dong! hhehe. emang ribet sih penjelasannya. Tapi intinya sebenarnya simple, ketika masuk kedalam tubuh kita ataupun beredar disekitar tubuh kita dalam bentuk asap, nikotin akan menyerap banyak cairan tubuh kita. Makanya kadar air didalam tubuh jadi melorot jauh di bawah kondisi normal. Akibatnya, jadi mengganggu keseimbangan gula dan garam elektrolit dalam tubuh.

Udah gitu, nikotin juga punya kebiasaan mengacaukan kerja organ- organ penting tubuh seperti paru- paru. Kalo kerja paru- paru berantakan, nafas kita otomatis akan berantakan juga. Lebih cepat dan menderu- deru! Ngiiikk…ngiikkk.

Buat nafas normal aja, paru- paru harus melakukan banyak penguapan, gimana kalo nafasnya lebih cepat??? Pasti penguapannya jadi dobel- dobel, kalo terus begini jelas aja makin banyak kadar air tubuh yang terkuras!

Tapi yang paling pentingnya, dehidrasi jangan dianggap kecil! Karena kenyataannya, dehidrasi yang kelihatannya Cuma masalah kecil justru bisa bikin badan bonyok. Kalo masih dalam tahap ringan, efek dehidrasi emang Cuma kayak bibir pecah- pecah dan kulit kering aja. Tapi kalo udah lebih parah lagi, dehidrasi juga bisa bikin sakit kepala luar biasa, denyut nadi kacau, badan kejang- kejang, pingsan dan bisa juga sampai koma.
Waw… kayaknya mulai sekarang kita harus bikin perhitungan nih sama rokok. (kid-oest News : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa