Minggu, 27 Maret 2011

Teknologi Pesawat Anti Radar

Udah nonton Stealth? Sempet terheran –heran sama kemampuan pesawat siluman itu menantang radar? Sob, di artikel ini , kalian bakal nemuin jawabannya!

RADAR
Radar adalah sebuah alat yang dirancang untuk melacak sebuah benda. Alat ini biasa berbentuk antenna yang mengirimkan frekuensi atau glombang radio. Antenna ini juga berfungsi sebagai penangkap sinyal balik yang dihasilkan dari pantulan objek. Sehingga keberadaan sebuah objek bisa dideteksi.
Kegunaan radar lumayan banyak. Di medan perang, antenna radar ini digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pesawat musuh yang berada disekitar areal pertahanan. Di masa damai, radar bisa digunakan untuk menangkap posisi kapal terbang komersial, sehingga kapal- kapal itu bisa dikontrol keberadaannya. Jadi kecelakaan penerbangan bisa diminimalisir.
Pertanyaannya, bagaimana radar bisa menerima pantulan sinyal dari objek yang melintasinya?
Sob, ternyata sinyal radar memang didesain untuk memantul kembali saat bertabrakan dengan lapisan besi yang digunakan sebagai bahan bodi pesawat, misil dan kapal laut. Jadi dengan menggunakan radar pelacakan benda- benda itu akan jauh lebih mudah.

PESAWAT ANTI RADAR
Wow! Ternyata nggak semua pesawat bisa memantulkan sinyal. Ada lagi nih teknologi yang disebut stealth technology. Teknologi inilah yang membuat sebuah pesawat nggak bisa terlacak oleh radar, pesawat tempur ini invisible alias tembus pandang.
Pesawat stealth memang sengaja didesain untuk menghindari radar musuh. Jadi, dalam peperangan, pesawat jenis ini bisa dengan santai terbang di daerah pertahanan musuh tanpa takut diketahui.
Kok bisa begitu, ya?
Kenapa nggak! Asal sebuah pesawat punya kemampuan untuk mencegah sinyal radar balik ke antenna, tuh kapal bakal invisible dilayar radar.
Ada dua cara yang memungkinkan pesawat jadi invisible, cara pertama , pesawat dilapisi bahan yang memantulkan sinyal radar secara menyebar. Sehingga radar nggak mendapat pantulan sinyal balik dari pesawat itu.
Cara kedua adalah, membuat pesawat dari bahan yang dapat menyerap sinyal radar. Kalo sinyalnya diserap, nggak bakalan nimbulin sinyal balik ke radar. Sehingga radar nggak mendapatkan sinyal balik dari pesawat.

BAHAN RAHASIA STEALTH
Penasaran sama bahan yang dipake buat ngebikin pesawat jenis ini?
Sob, stealth memang dilapisi banyak komponen yang dapat membuat pesawat ini nggak kasat radar. Selain itu, pesawat jenis ini sengaja dedesain dengan arsitektur yang unik, warna khusus dan bodi pesawat yang dibikin mulus. Dan untuk urusan mesin, senagaja didesain sembunyi. Biar nggak ada permukaan pesawat yang bisa mantulin sinyal radar. (Kid -oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

6 komentar:

BRI Jakarta Veteran on 28 Maret 2011 08.31 mengatakan...

wah sungguh sangat luar biasa dan berbahaya sekali bisa menyusup tanpa ketahuan nih ...

Program Skripsi Teknik Informatika on 5 April 2011 11.21 mengatakan...

wahhh kereeeeennn abizzzz

Source Code SMS Gateway on 5 April 2011 11.22 mengatakan...

kereeenn bgt

Skripsi Teknik Informatika on 5 April 2011 11.23 mengatakan...

aziiip tuh,,,,,,,,,

Source Code PHP on 5 April 2011 11.26 mengatakan...

keren bgt,,,,,,,,salut deh

BELAJAR BAHASA on 19 November 2016 12.12 mengatakan...

Bahan harus halus dan licin sehingga menyerap gelombang radar

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa