Sabtu, 11 Juli 2009

BAGAIMANA VIRUS KOMPUTER BEKERJA



Aih! komputer rusak lagi. Katanya sih gara-gara virus, jack!
Mahluk apa sih sebenarnya virus computer itu?



Dalam sejarah perkomputeran dunia, yang namanya virus memang amat menyebalkan. Meski awalnya dibuat hanya untuk menarik perhatian kita, virus modern yang di-set dengan teknologi canggih, bisa membuat pengguna computer diseluruh dunia histeris.
Contohnya bisa terlihat saat virus Mydoom Worm menginfeksi hampir seperempat juta computer di dunia tahun 2004 lalu. Pemberantasannya langsung jadi program internasional. Hal yang sama juga terjadi saat virus Brontox ngerepotin banyak orang dua tahun lalu.
Dalam perkembangannya sampai sekarang, virus dan keluarganya terdiri dari empat jenis. Berikut jenis dan cara kerjanya:

1. Virus adalah bagian terkecil dari software yang menggangu sebuah program. Biasanya, virus didesain untuk melakukan gangguan yang simple. Misalnya, attach otomatis pada sebuah program. Dan, menyebar pada saat program lain dijalankan. Gangguan yang ditimbulkan virus sebenarnya tidak berbahaya. Namun, bila tidak lekas dibasmi, virus akan menggangu kinerja computer kita.
2. E-mail Virus. Sebenarnya adalah virus yang berbentuk e-mail. Modus operandinya melalui e-mail. Bila ada computer yang terkena virus. Computer itu akan mengirimkan e-mail bervirus ke beberapa alamat yang tersimpan dalam inbox e-mail si pengguna.
3. Worms adalah bagian kecil dari software yang bekerja pada system network computer. Biasanya, worms digunakan untuk mereplika system pertahanan sebuah computer yang nantinya digunakan untuk kunci pembuka system pertahanan itu sendiri.
4. Trojan Horse adalah sebuah program computer yang mengklaim dirinya sebagai sesuatu hal yang menarik. Misalnya sebuah game. Namun, bila program ini dibuka, akan muncul ratusan parasit yang akan menghapus memori di Hard disk kita.

Untuk menghindari infeksi virus, dibuatlah program antivirus. Tapi, jangan terlalu percaya pada program ini. Karena ada jutaan virus yang lahir tiap hari. So, cara paling aman computer kita adalah : jangan buka file sembarangan. Terutama yang didapat dari e-mail dan situs-situs porno. Oke!

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa