Sabtu, 11 Juli 2009

NGINTIPIN JEROAN KOMPUTER

Definisi PC
Sebelum ngomongin jeroan, ada baiknya kita mengenal dulu yang namanya PC alias Personal Computer.
Sesungguhnya, PC adalah sebuah alat pemroses data. Data itu bisa datang dari keyboard, mouse,floopy disk CD bahkan jaringan melalui Modem atau Network card.
Data itu kemudian diproses dan diperlihatkan kepada kita lewat monitor. Data itu juga bisa di simpan dalam alat kayak hard disk atau di kirim ke orang lain melalui jaringan.

Komputer bukan lagi barang mewah. Soalnya benda satu ini udah gampang dijumpai di rumah-rumah. Maklum, make computer sekarang udah jadi kebutuhan sekunder buat pelajar-pelajar kayak kita. Pasti banyak yang pengen tau, kayak apa sih sebenarnya jeroan computer. Kebet beritanya sama-sama!



POWER SUPPLY
Komponen utama PC yang bertugas menyalurkan daya listrik ke motherboard dan piranti-piranti lain yang tertancap pada motherboard. Power supply bawaan PC biasanya memiliki spesifikasi daya maksimum 250 W dan 300 W. bisa di-upgrade.






PROSESOR
Prosesor otak PC ini terletak di bawah heatsank fan. Kecepatan clock internal & eksternalnya serta FSB (Front Side Bus) tertera pada boksnya. Clock internal misalnya 1,7 Ghz, 2,8 Ghz, 3,0 Ghz dan seterusnya. FSB Pentium III, AMD athlon dan Pentium 4 biasanya sebesar 133 Mhz. makin besar kapasitas memori yang di miliki CPU makin baik kerja computer. Sebagai otak computer, semua yang di lakukan computer engga ada yang terlewat oleh deteksi CPU.








SOUND CARD
Tugas sound card adalah menerjemahkan data computer menjadi bias didengar lewat speaker.
Ada dua jenis sond card saat ini. Yang pertama sound card on board yang menempel di mo-bo. Sementara yang menggunakan hardware terpisah biasanya di hubungkan dengan mo-bo lewat slot PCI.




SLOT AGP
Slot yang khusus di pakai kartu grafik terkini yang telah mendukung teknologi AGP.


VGA CARD

Tugas VGA card adalah menerjemahkan data dari computer menjadi format yang bisa di lihat di layar. Jenisnya yang terbaru telah menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Processor).




SLOT DIMM
Tempat untuk menancapkan kartu memori. Memori jenis RDRAM atau DDR RAM dual channel membutuhkan sepasang slot DIMM, untuk pemasangan keeping memori yang berkecepatan dan berkapasitas sama.

HARD DISK
Tempat penyimpanan keseluruhan data dalam computer seperti program dan dokumen. Kapasitas penyimpanan di lambangkan dengan bytes. Sekarang hard disk biasanya berukuran giga bytes.

MEMORI CARD
Fungsi memori adalah menyimpan data dan mempunyai kecepatan yang tinggi. Sebab memori ga bisa di pisahin sama microprocessor sebagai otak yang mengatur kerja computer. Ada beberapa jenis memori:

Random access memory (RAM) – digunakan buat penyimpanan sementara informasi yang lagi di pake computer buat bekerja. Misalnya operating system (OS) . jenis RAM SD RAM, DDR RAM, RD RAM.

Read only memory (ROM) – Tempat penyimpanan memori permanent yang di pake computer buat penyimpanan data yang ga bisa di ubah ubah.

Basic input/output system (BIOS) – Tipe lain ROM yang di pakai computer yang sangat berguna begitu computer di nyalakan. Karena BIOS merupakan alat komunikasi dasar untuk computer sehingga bisa bekerja.

Caching – Tempat penyimpanan data yang sering banget di gunakan dalam RAM yang konek langsung ke CPU.

Virtual memory – Tempat dalam hard disk yang di pake untuk menyimpan data sementara dan bisa di tukar setiap RAM membutuhkan. Virtual memory biasa sangat berguna ketika computer butuh space RAM yang besar sementara daya simpan Ram terbatas. Tapi biasanya kecepatan pengolahan data kan jauh melambat ketika virtual memory di pake.

SLOT PCI
Biasanya terdapat 4-6 slot PCI pada mo-bo. Anda bisa memakainya untuk kartu suara , kartu LAN, TV tuner dan kartu ekspansi lainnya. PCI merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect. PCI bus merupakan alat penghubung komponen tambahan computer.

MOTHERBOARD (MO-BO)
Di singkat menjadi mo-bo adalah papan sirkuit utama tempat semua komponen internal dalam computer berhubungan. Tempat CPU dan memori biasanya disini. System lain bisa ada di mo-bo atau terhubung lewat sambungan sekunder. Sebagai contoh, sound card bisa aja langsung nyambung ke mo-bo atau terhubung lewat PCI.

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa