Sabtu, 11 Juli 2009

TV TUNER KOMPUTER


Barangnya emang nggak baru lagi. Tapi senelum teknologinya be-ner bener kelibas sama yang lebih canggih, nggak ada salahnya kita pelajari dulu.

Layar computer bisa menayangkan siaran TV bukanlah suatu yang luar biasa lagi. Fitur ini udah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya saat perangkat computer makin marak beredar. Tapi bisa jadi ada sebagian dari kita yang nggak terlalu exited sama teknologi ini. Soalnya layar computer nggak jauh beda kayak pesawat TV biasa.



APA ITU TV TUNER?
Komponrn ini lengkapnya disebut TV tuner card. Bentuknya menyerupai VGA Card. Dipasangnya juga pada slot PCI-bus. Meski ada beberapa yang terkoneksi lewat slot USB. Fungsinya adalah menangkap sinyal siaran TV serta menayangkannya dilayar computer. Serunya lagi TV Tuner Card berfungsi sebagai Video Capture. Jadinya tayangan televise bisa direkam dan sidave kedalam hard disk. Nggak Cuma itu aja TV tuner card pun juga bisa menangkap siaran radio.



KOMPONEN TV TUNER
Pada satu Tv tuner card terdapat komponen elektronika seperti receiver, tuner, demodulator, dan analog –to-digital converter.

· Receiver adalah rangkaian elektronika yang berfungsi menangkap sinyal radio pembawa data siaran TV.

· Tuner adalah komponen yang berfungsi memilah-milih frekuensi siaran radio pembawa data siaran TV.

· Demodulator adalah rangkaian elektronika yang berfungsi memperkuat sinyal radio pembawa data siaran Tv agar tampil sempurna di layar computer.

· Analog—to-digital converter adalah rangkaian elektronika yang berfungsi mengubah data analog pada sinyal siaran TV menjadi data digital yang dibutuhin PC.
CARA KERJA TV TUNER

Keempat komponen diatas adalah rangkaian utama pada TV tuner card. diawali dengan receiver yang membedah sinyal radio pembawa siaran TV yang berisikan data data doal gambar, suara serta format tayangan TV. Data ini kemudian disalurkan melalui tuner dan demodulator. Gabungan kedua komponen inilah yang menjadi rangkaian utama receiver sinyal radio, dengan istilah crystal set.


CHIP CANGGIH
Otak utama Tv tuner card berada pada sebuah chip yang berkode SAA7114 keluaran Philips. Chip ini udah teruji sangat canggih menangkap sinyal delombang FM pada wilayah UHF. Makanya selain bisa menangkap sinyal siaran TV juga bisa menangkap sinyal siaran radio.

Related Post



Share This
Subscribe Here

1 komentar:

kikils on 29 April 2012 10.35 mengatakan...

apa setiap TV Tuner pake chip SAA7114?

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa