Sabtu, 11 Juli 2009

Sejarah dan perkembangan Linux (part 2)

TURBO LINUX ( http://www.turbolinux.com/ )
Turbo Linux menargetkan pada produk berbasis linux bekerja dengan kinerja tinggi untuk pasar work station dan server, terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya : Turbo Linux work station untuk desktopnya, turbo linux server untuk back end server. Dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di Perusahaan e-commerce dan transaksi B2B (business – to – business) salah satu produknya. Turbo cluster server ditargetkan untuk pembuatan server cluster yang berskala luas dan dapat digunakan 25 cluster node atau lebih. Turbo cluster ini pernah memenangkan poling best web solution dari editor linux jurnal. Enfuzion, salah satu lagi produk yang berbasis pada konsep sederhana dan power ful yang dinamakan “ parametric execution” enfuzion akan merubah jaringan computer perusahaan menjadi super computer dengan kecepatan tinggi dan “fault tolerant” pengguna produk dan layanan turbo linux terbanyak adalah perusahaan dan perorangan di jepang dan asia.



KNOPPIX ( http://www.knoppix.org/ )
KNOPPIX merupakan salah satu distro Linux live-cd yang dapat di jalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada harddisk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux.



RIMBA LINUX ( http://komunitas.rimbalinux.org/ )
RIMBA LINUX merupakan salah satu distro yang dibuat oleh sebagian anggota komunitas dan pengembang Linux Indonesia berbasis pada distro RED HAT Distro ini ditujukan untuk mesin 486 dan Pentium. Sasarannya adalah pengguna Linux menengah, akademisi, dan warnet.
Mempunyai utilitas berbasis web yaitu rppm dan utilitas lain yang masih dalam tahap pengembangan. Rimbalinux berisi window manager dan aplikasi yang ringan serta dukungan l tsp. Sampai saat ini baru sampai pada versi 1.0 (Leuser) dan sedang dalam tahap pengembangan lebih lanjut ke 1.1.
pengembang Rimbalinux ( rimbalinux-devel@lists.sourceforge.net. )



MANDRIVA ( http://www.mandriva.org/ )
MANDRIVA merupakan distro yang di optimasi khusus untuk mesin pentium dan merupakan distro ( distribusi linux ) yang sangat ter- favorit di Indonesia. Distro yang paling cantik, paling sederhana dan mudah dalam penggunaannya sehingga distro ( distribusi linux ) ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin merasakan menggunakan didtem operasi linux. Distro MANDRIVA juga tersedia menggunakan bahasa Indonesia. Versi terakhir yang di keluarkan mandriva adalah MANDRIVA versi 2007



LINUX MANDRAKE ( http://www.linux-mandrake.com )
LINUX MANDRAKE adalah salah satu distro turunan dari RED HAT LINUX yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi 'pre-configured' dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
Linux-Mandrake tersedia dalam GPL dan PowerPack yang terdiri dari beberapa cd 6+ CD dan aplikasi komersial. CD GPL-nya yang berisi sistem dasar dan aplikasi tersedia gratis melalui situs Linux-Mandrake dalam bentuk iso image. Linux-Mandrake beberapa kali telah memenangkan beberapa penghargaan baik penghargaan ' pilihan ', ' product of the year ', ' best distro ' dan merupakan distro teratas pemakainya pada distrowatch.com.



TRUSTIX MERDEKA (TM) ( http://merdeka.trustix.co.id )
Trustix Merdeka merupakan distro Linux yang ditujukan untuk pengguna Indonesia dengan mengambil basis dari Trustix Secure Linux.
Distro ini merupakan distro Linux Indonesia yang pertama kali dikembangkan di Indonesia sepanjang yang penulis tahu. Keamanan standarnya diset untuk pengguna dekstop ataupun yang baru mengenal Linux. Hampir tidak ada aplikasi server pada distro ini. Beberapa menu, artikel dan dokumentasinya berbahasa Indonesia yang dikembangkan oleh para pengembang Trustix Merdeka dalam proyek penerjemahan i18n dan terbuka untuk umum bagi yang ingin ambil bagian dalam proyek ini. Beberapa fitur fitur penting dalam Trustix Merdeka (versi 1.2-Raung): X Free86-nya mendukung TTF dan kinerja yang lebih cepat. SWUP, SoftWare UPdater untuk update paket secara aman via Internet. Dukungan anti alias pada KDE. http://merdeka.trustix.co.id/kdeTambahan aplikasi rpms dalam direktori terpisah agar bisa diinstal sesuai keinginan. Aplikasi multimedia, pengolah kata dan jaringan yang sudah dipilihkan oleh para pengembang. Menu KDE berbahasa Indonesia. Status translasi bisa dilihat di http://merdeka.trustix.co.id/kde. Utilitas manajemen paketnya menggunakan rpm dan format paketnya .rpm. Anda dapat men-download TM melalui situs resmi download TM: http://www.trustix.co.id/pub/Trustix/merdeka atau situs-situs mirror-nya.



TRUSTIX SECURE LINUX ( http://www.trustix.net )
TRUSTIX SECURE LINUX adalah distribusi LINUX dari TRUSTIX yang berorientasi server dengan menitik beratkan kepada masalah keamanan. Beberapa aplikasi dan layanan penting yang disertakan oleh paket standar TSL adalah: Ipsec VPN dengan FreeSWAN Open SSH ,Open BSD FTP Server ,Postfix Mail Server ,POP3 and IMAP dengan dukungan SSL (SPOP and SIMAP) ,Apache Web Server yang mendukung WAP ,Apache Web Server yang mendukung SSL ,PHP Advance Scripting ,LDAP ,GNU Privacy Guard (GPG). TSL dapat diperoleh secara gratis melalui situsnya atau pembelian melalui eshop.trustix.no maupun melalui reseller terdekat.
Anda juga dapat bergabung dalam proyek pembuatan Trustix Secure Linux di trustix.org.


WIN BI LINUX ( http://www.winbi.or.id )

WIN BI adalah Window Berbahasa Indonesia, distro Linux berbahasa Indonesia berbasis Trustix Merdeka hasil kerjasam BPPT dan universitas.
Sistem instalasi, lingkungan desktop grafis KDE, aplikasi e-mail, browser, jaringan, perkantoran, multimedia, grafis, permainan, utilitas lain dan dokumentasi sebagian besar menggunakan bahasa Indonesia.



LINDOWS
LINDOWS masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.



LINARE
LINARE memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa