Kamis, 27 Mei 2010

Space : Mystery Nature Whole

Luar angkasa adalah Misteri. Dan sejak jutaan tahun lalu manusia masih terus penasaran buat memahaminya.
Ekspedisi demi ekspedisi udah di kirim ke luar angkasa. Mulai dari proyek satelit, pesawat tanpa awak. Sampai yang berawak. Total seenggaknya sampai tahun 2010 udah ada 8.700 proyek luar angkasa yang dibuat manusia.
Tahun 2004 ada kabar pesawat tanpa awak bernama Huygens berhasil masuk ke atsmosfer Titan. Titan merupakan salah satu bulan di orbit planet saturnus.
Untuk bisa sampai kesana Huygens harus menempel ke badan cassini, pesawat ruang angkasa milik NASA. Cassini diluncurkan pada oktober 1997 dari Cape Canaveral, Florida. Dana konon, dana yang dihabiskan untuk proyek ini sekitar 3.300 juta dollar amerika. Ilmuwan yang terlibat nggak kalah hebohnya, lebih dari 5000 orang.
Luar angkasa emang masih mengundang penasaran. Itu sebabnya ekspedisi demi ekspedisi terus dilakukan sejak 1957.
Satelit -satelit dan Teleskop yang berhasil melakukan ekspedisi di luar angkasa diantaranya sebagai berikut :


SPUTNIK

Tanggal peluncuran : 4 oktober 1957
Akhir misi : 4 januari 1958
Misi :
Sputnik adalah satelit buatan pertama yang berhasil ditempatkan di orbit bumi. Satelit ini diluncurkan dari Tyuratam yaitu sebelah barat daya kota kecil dikazakhstan.
Kata sputnik dalam bahasa Rusia berarti teman. Sputnik berbentuk bulatan aluminium dengan diameter 58 cm dan berat 58 kg. dibadannya terdapat empat antenna sepanjang 2,4 sampai 2,9 meter.
Sputnik menjalankan misinya selama 92 hari setelah 1.400 kali mengorbit bumi. Total jarak tempuhnya sekitar 70 juta kilometer.


GIOTTO
Tanggal peluncuran : 2 juli 1985
Misi :
Tujuan pembuatan dan peluncuran Giotto adalah untuk mempelajari Komet halley. Badan utama Giotto berbentuk silinder pendek dengan panjang sekitar 1,1 meter dan berat 582,7 kg.
Di dalamnya terdapat tiga bagian. Bagian atas, bagian utama dan bagian bawah. Setiap bagian memiliki cakram di dalam silindernya. Diatas silinder itu juga terdapat tripod. Total tinggi Giotto plus Tripod tersebut sekitar 2,85 m.



HUBBLE SPACE TELESCOPE (HST)
Tanggal peluncuran : 25 april 1990
Misi :
HST adalah misi pertama NASA dalam program penelitian skala besar. Dirancang untuk mendukung pesawat ruang angkasa lain yang terlibat dalam program ini. Misalnya CGRO, SIRTF dan AXAF.
HST merupakan teleskop yang mempunyai kemampuan melakukan observasi melalui peneropongan setara penglihatan dengan senar ultra violet dan infra merah. HST memiliki panjang 13,1 meter dan berat 1.600 kg.


MAGELLAN
Tanggal peluncuran : 4 mei 1989
Akhir misi : oktober 1994
Misi :
Tiba di Venus pada 10 agustus 1990, Magellan memiliki tujuan mempelajari bentuk daratan Venus. Ini meliputi proses benturan, erosi. Magellan juga bertujuan membuat pemetaan kondisi permukaan planet Venus dengan menggunakan Radar.



MARS PATHFINDER

Tanggal peluncuran : 4 desember 1996
Misi :
Pathfinder disiapkan untuk melakukan pendaratan di Planet Mars serta melakukan penjelajahan dipermukaannya. Pathfinder merupakan misi penjelajahan angkasa milik NASA dengan dana kedua termurah. Misinya bertujuan mendemonstrasikan kelayakan pendaratan dan penjelajahan dengan biaya ralatif murah.
Selain itu pathfinder berhasil melakukan pencitraan melaui sensor. Dan berhasil mengambil gambar Mars dari jarak dekat serta menguji komposisi bebatuan dan tanah dipermukaannya. (kid-oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa