Kamis, 27 Mei 2010

Mengenal Model Helm

Naik motor nggak pake helm sama aja nekat menantang maut. Abis nggak kayak mobil, motor sama sekali nggak punya perlindungan apa pun buat pengendaranya. Jadi, kalo lagi apes kecelakaan, risikonya fatal banget. Tuh kepala kalo kepentok benda keras bisa gegar otak!
Makanya ilangin deh kebiasaan naik motor nggak pake helm. Belum lagi helm- helm keluaran terbaru sekarang tampil dengan warna yang meriah dan bentuk yang keren. Modelnya juga variatif banget.
Trus, bagaimana cara memilih helm??? Yang pertama diperhatiin pasti soal fungsi. Nomor dua, sesuaikan sama kebutuhan. Nggak semua jenis motor cocok dengan jenis motor yang kita pakai. Trus, model helm apa yang cocok untuk kita??? Ini dia jenisnya!

1. Full Face Helmet
Model helm yang satu ini pasti udah pada kenal banget. Cirinya, seluruh bagian kepala tertutup rapat. Yang terbuka Cuma bagian mata. Itu juga di cover sama kaca penutup. Helm ini paling aman dipake karena kontruksinya yang kuat banget. Nggak enaknya Cuma kepala berasa sumpek.


2. Hybrid Helmet
Nggak beda dengan model helm full Face, nih helm juga memberi perlindungan maksimal buat kepala. Cuma yang ini sudah mengalami inovasi. Penutup bagian muka, mulai dari batas mata sampai dagu, bisa dibuka seluruhnya. Helm ini cocok dipake sama pengendara motor berkacamata, karena gampang ngelepas helm-nya.


3. Open Face Helmet / Half Face Helmet
Kalo bermasalah dengan sumpeknya helm model full face, hel tiga perempat ini bisa jadi alternative. Bagian dagunya kebuka lebar. Dan itu memungkinkan angin masuk ke bagian dalam. Karena helm ini Cuma melindungi muka dan telinga, dagu jadi nggak terlindung.



4. Shorty Helmet
Ini dia model helm paling simple. Cara pakenya Cuma di templokin aja dikepala. Supaya nggak terlepas, ada tali ikat di bagian rahang bawah. Kalo diperhatikan desainnya, helm ini nggak menjamin keamanan. Cocoknya helm ini dipakai khusus pengendara motor motor besar yang relative stabil.



5. Motocross Helmet
Helm ini khusus buat ajang motocross. Sekilas desainnya sama dengan helm full face, Cuma yang bikin beda hanya pada bagian muka yang di bikin lebar dan tanpa kaca penutup. Pemakai helm ini biasanya harus memakai goggle buat melindungi mata. Di Indonesia model helm kayak gini ngetop dengan sebutan helm cakil. (kid-oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hybrid helmet di indonesia ada ga' y..? Trz merek&harganya berapa?

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa