Kamis, 15 Juli 2010

Pendidikan ‘SEX’ di Luar Negeri

Di Indonesia, pendidikan sex di sekolah yg masuk ke kurikulum masih belum tau keberadaannya. Belum semua sekolah memasukannya dalam kurikulum.
Jadi penasaran?? Kayak apa pendidikan sex diluar negeri?

CINA
Tragedi mengenaskan pernah terjadi dinegara ini. Bayi yang terlahir dengan jenis kelamin perempuan terpaksa dibunuh, disekap dalam ruangan bernama Dying Room. Di Cina sempet ada anggapan bahwa anak perempuan tidak dibutuhkan karena tidak bisa membantu orang tua bekerja dan menafkahi keluarga. Kejadian ini hanya terjadi sampe tahun 2003.
Asal tau aja, hal ini bisa disebabkan kurangnya informasi mengenai masalah sex dan keluarga. Baru deh, pada tahun 2004, pendidikan sex di cina mulai diterapkan.
Disekolah dasar, anak- anak berusia 11 tahun udah mulai mendapatkan informasi sex yang jadi salah satu mata pelajaran disekolah.
Program keluarga berencana di Cina berbeda dengan di Indonesia. Di Cina dalam satu keluarga hanya boleh memiliki satu orang anak saja. Meski sampe sekarang belum kelihatan hasil penurunan jumlah penduduknya.

JERMAN
Jerman bisa dibilang Negara yang tingkat pendidikan sex- nya udah lebih unggul dibandingkan dengan Negara- Negara lain. Di Negara ini, anak- anak dibawah 10 tahun udah ngedapetin pendidikan sex. Meskipun lewat jalur informal.
Kok bisa? Gimana caranya??
Pendidikan sex yang mereka dapetin itu melalui kumpulan komik bergambar yang menggambarkan proses terbentuknya sebuah keluarga. Dengan cara santai, buku ini memberikan pengertian sex dengan blak- blakan.
Untuk kesuksesan program ini, orang tua jelas berperan aktif memberikan pengertian lebih mengenai informasi sex pada anak- anaknya sebelum pendidikan sex formal diperkenalkan disekolah saat siswa berusia 10 tahun keatas.
Berkat adanya pendidikan sex yang diterapkan itu, populasi penduduk di Negara ini selalu stabil.

PERANCIS
Pendidikan sex secara formal di perancis udah dimulai sejak tahun 80-an. Sampai saat ini yang bertanggung jawab memberikan ilmu pengetahuan mengenai sex adalah sekolah. Namun hanya untuk anak- anak yang berusia 12 tahun keatas.
Disekolahnya, mereka ngedapetin pendidikan sex secara khusus. Nggak jarang seminar mengenai sex dilakukan di sekolah -sekolah tingkat menengah.
Di Negara ini dokter berkewajiban memberikan informasi mengenai sex yang sebenarnya untuk anak- anak di bawah umur 17 tahun. Dan sampe sekarang Perancis nggak pernah kelebihan penduduk.

BULGARIA
Meski Negara ini tetanggaan sama Perancis, namun pendidikan sex yang diterapkan kedua Negara ini sangat jelas berbeda banget. Di Bulgaria pendidikan sex lebih banyak diterapkan melalui buku, majalah dan website. Uniknya lagi, buku- buku yang berhubungan dengan pendidikan sex tersebut bukan sekedar untuk anak- anak 17 tahun keatas. Tapi ada juga buku- buku pendidikan sex yang dibuat khusus untuk anak – anak berusia 11 tahun. Tentunya dengan penyesuaian khusus.
Selebihnya lagi, mereka ngedapetin informasi mengenai pendidikan sex di website yang juga khusus di desain mengikuti usia si anak. Orang tua hanya berperan sebagai pengawas.
Pendidikan sex yang telah diterapkan ini sukses menjadi alasan anak- anak dibawah 17 tahun dinegara ini enggan melakukan hubungan sex.

INDIA
India udah dikenal sebagai salah satu Negara dengan tingkat populasi penduduknya tinggi. Setiap tahun jumlah penduduknya terus bertambah. Sehingga pendidikan sex mulai diterapkan kepada anak –anak dan generasi muda.
Tapi nggak segampang itu india mengizinkan anak- anak dibawah umur mendapatkan pendidikan sex. Karena dinegara ini sex dianggap sebagai kegiatan yang suci. Nggak boleh diketahui anak- anak dibawah umur.
Nggak heran pendidikan sex dinegara ini baru di kasih di sekolah- sekolah tingkat SMP. Di usia 14 tahun itulah anak- anak baru dapet izin menerima informasi tentang sex di sekolahnya.
Sayangnya, sampe saat ini perubahan yang terjadi dinegara India masih belum kelihatan. Populasi penduduknya masih terus meningkat tiap tahunnya.

THAILAND
Thailand termasuk Negara yang rada longgar “Bebas” atas aktivitas seksualnya. Terbukti dengan tersedianya tempat- tempat hiburan khusus yang menampilkan aktivitas sex yang vulgar atau biasa di sebut, Sex live show.
Meski kegiatan sex di Thailand udah berjalan sejak puluhan tahun, namun pendidikan sex di Negara ini baru dimulai tahun 2000.
Pendidikan sex secara formal udah mulai di terapkan di sekolah dasar. Beberapa sekolah pun udah menjadikan sex education sebagai salah satu mata pelajaran. Namun , masih banyak yang memberikan pendidikan sex lewat mata pelajaran biologi.
Selain dari sekolah, pemerintah Thailand juga mulai menyediakan informasi pendidikan sex melalui media internet. Dan tentunya dalam bahasa Thailand. (Kid – oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa