Sabtu, 24 Juli 2010

Enaknya Jadi Orang JENIUS

Yves Chauvin, Thomas Schelling, Harold Pinter, Robin Warren, John Hall dan Mohamed El Baradei.
Kenal sama nama- nama diatas?? Pasti nggak kenal. sama! Hhehe. Tadinya juga nggak kenal.
Mereka bukan seleb dunia dan bukan juga musisi apalagi atlet. Mereka adalah sedikit dari para pemenang Nobel, sob! Masing –masing pada bidang kimia, ekonomi, sastra, fisika dan perdamaian.
Sebelumnya ada yang tau gak apa itu nobel?? Kalo ada yang belum tau apa itu Nobel, sejarah nobel, bahkan hadiah apa aja yang bakal didapat dari pemenang Nobel. Disini Kid – oest News bakal korek semua tentang Nobel. Di Cek sob!

APA ITU NOBEL ?
Penghargaan Nobel diberikan pada siapa aja yang dianggap memberikan sumbangan besar di bidang sains maupun sosial. Bisa berupa hasil riset, penemuan inovatif, atau kegiatan kemanusiaan. Makanya penghargaan Nobel sering disebut status tertinggi para tokoh dunia.

SEJARAH NOBEL
Penghargaan Nobel lahir dari keinginan sang penemu besar, dia adalah Alfred Nobel (1833 - 1896). Dilator belakangi penyesalan gara- gara dinamit temuannya malah dijadikan senjata pemusnah. Menjelang ajal kekayaannya diwariskan buat pembentukan sebuah intitusi yang bisa memacu terciptanya penemuan dan ide gemilang yang pasti sangat bermanfaat bagi dunia. Ini lah sebab lahirnya dan didirikannya Nobel Foundation pada tahun 1901.

PEMILIHAN PEMENANG
Sebagai penghargaan dengan nilai kehormatan yang tinggi, tentu aja pemilihan pemenangnya nggak gampang. Proses nya selalu panjang dan ketat. Bayangin sob! Buat menentukan siapa aja yang berhak memenangkan Nobel dibutuhkan minimal 3000 orang dilibatkan. Mereka terdiri dari lembaga pemerintahan, guru besar, para Rektor univ terkenal didunia, lembaga penelitian dan para guru besar. Dan prosesnya nyaris hampir setahun.

HADIAH
Meski udah ditempat yang terhormat, penghargaan Nobel nggak lepas dari Kritikan. Masalahnya adalah, bidang Matematika yang nggak masuk dalam penilaian Nobel. Ini karena sejak awal penghargaan Nobel udah di komit dibidang –bidang yang bersifat praktikal dan bukan teori. Alhasil para ahli Matematika pun hanya bisa gigit jari dengan rekan- rekannya yang di bidang ilmu lain mendapat paket penghargaan Nobel berupa Medali Emas, Diploma, dan Uang tunai 1,3 Juta Dollar amerika atau setara dengan 12 Milyar Rupiah. Wow! (Kid – oest News : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

1 komentar:

andi fardinata on 2 Mei 2012 21.08 mengatakan...

kunjung balik ya
http://andigentho.blogspot.com

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa