Kamis, 15 Juli 2010

Ayo! Cek Kondisi Ban Motor

Kayaknya nggak perlu dijelasin panjang lebar, karena ban motor adalah bagian penting yang harus diperhatikan setiap saat. Yang jelas kesempurnaan dalam mengendarai motor sangat dipengaruh oleh kondisi ban. Apalagi kalo digunakan secara rutin dan melewati berbagai macam kondisi jalan. So, kalo pengen selamat, pengecekan ban motor harus dilakukan secara rutin.
Nah, apa aja yang harus di cek??

1. Periksa ketebalan permukaan ban. Ini bisa dilakukan dengan cara mengukur pola ketebalan tapak ban. Nggak perlu susah- susah melakukan pengukuran, cukup dengan menggunakan uang logam 100 perak aja. Caranya, selipkan uang logam diantara jalur- jalur pada pola tapak logam. Kalo misalnya ketinggian pola tapak ban kira- kira sepertiga bagian atau lebih dari uang logam tadi. Artinya kondisi ban masih bagus. Tapi kalo kurang dari sepertiga, ada kemungkinan ban nggak aman digunakan.

2. Perikasa tekanan angin yang ada didalam ban. Sebisa mungkin tekanan angin sesuai dengan ketentuan yang diberikan dari pabrik ban tersebut. Buat mengukur, gunakan pengukur tekanan angin. Kalo nggak punya alat pengukur tekanan angin. Lakukan uji kekerasan ban dengan tangan. Asal nggak terlalu empuk dan terlalu keras, yang sedang- sedang saja.


3. Periksa kondisi seluruh permukaan ban, baik dari segi tapaknya maupun dari kedua sisi samping ban. Cari kalo ada kerobekan kecil, kalo ketemu robekan kecil bukan berarti ban harus buru- buru diganti. Melainkan agar lebih waspada dalam menegendarai motor dan tau bagian mana yang harus di jaga. Beda lagi kalo udah ada robekan besar, sebisa mungkin tuh ban harus diganti dari pada bikin masalah besar. (Kid – oest News)

Related Post



Share This
Subscribe Here

1 komentar:

Armin VAN BUUREN on 29 November 2015 18.59 mengatakan...

Nice For U, Dont Forget Me.. And Yu See My Web - Regards :
obat kuat viagra
obat viagra
viagra asli
beli viagra
http://viagra-id.com/obat-kuat/distributor-harga-obat-kuat-viagra/

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa