Sabtu, 26 Juni 2010

Pemilik Mobil Pertama Di Indonesia

Setahun setelah mobil pertama diciptakan, sudah ada orang Indonesia yang punya. Tahun berapa dan siapa??
Dan siapa orang Indonesia pertama yang bisa nyetir mobil??
Serta kenapa orang jaman dulu suka ngelongok bagian kolong mobil??


Siapa yang pertama Punya??
Sunan Pakubuwono X dari Surakarta adalah pemilik mobil pertama di Indonesia. Lewat importer Proetell & Co. suman membeli langsung mobil Benz dari pabriknya di Jerman dan tiba di Istana pada tahun 1894. Gotlieb Daimler dan Carl Benz adalah pembuat mobil Benz serta merupakan pelopor kendaran bermesin yang bisa bergerak sendiri atau disebut Otomobil.

Menurut catatan museum Mercedes Benz, antara tahun 1893 – 1894 di produksi dua tipe kendaraan. Yang pertama adalah Benz Victoria, diproduksi tahun 1893 – 1894. Yang kedua adalah Benz Velo diproduksi tahun 1894.
Benz Victoria yang di beli Sunan seharga 10.000 Gulden dikabarkan memiliki mesin 1 silinder, 5 daya kuda. Mobil itu juga sudah memiliki sabuk bertransmisi. Sementara untuk kaki- kakinya masih mengandalkan roda kayu dengan ban berbahan karet mati yang keras. Spesifikasi kendaraan yang kini berada di museum Leidschendam, Belanda itu adalah mobil roda empat pertama Benz. Top speed Victoria menurut museum Mercedes Benz mencapai angka 35 Kpj.
Saat membeli mobil, Pakubuwono X ternyata belum bisa nyetir. Tapi, ya begitulah. Ngapain nyetir kalo bisa bayar sopir. Seorang bekas serdadu Belanda Bernama A.Leibholz di rekrut untuk jadi sopir.

Indonesia memang termasuk maju untuk urusan beli membeli mobil. Di Belanda, mobil pertama dimiliki oleh seorang fotografer istana bernama Zimmermann, asal Den Haag. Tapi itu pun baru dua tahun setelah Sunan Pakubuwono X. intinya, mobil sudah eksis di Indonesia sejak 116 tahun yang lalu.


Siapa Orang Indonesia Pertama yang bisa nyetir mobil??
Catatan perusahaan perkebunan menyebutkan, pada tahun 1889, seorang pria bernama Pontjopartomo sudah bekerja sebagai sopir diperusahaan itu. Versi lain menyebutkan bahwa Raden Mas Ario Tjondro, adalah yang pertama.
Ceritanya, pada tahun 1904, pak Ario yang juga Bupati Brebes, sempet membeli Orient Buckboard buatan Amerika. Mobil itu bermesin satu silinder, 8 PK. Porsenelingnya ada dua : satu mundur dan satu lagi maju.
Kalo dilihat dari urutan waktu bisa disimpulkan Pak Pontjo adalah orang pertama Indonesia yang bisa nyetir. Tapi itu baru diperkirakan. Bukan nggak mungkin Pakubowono X akhirnya ikutan belajar nyetir. Secara dia orang pertama yang punya mobil.


Melongok ke kolong Mobil??
Mobil itu benda aneh buat orang –orang Jawa seabad yang lalu. Itu catatan Du Croo, wartawan De Locomotief, Koran terbitan Semarang yang ikut dalam reli Jakarta – Surabaya tahun 1911. Setiap ada mobil berhenti warga setempat pasti merubung. Ada yang Cuma berani ngeliat sambil kagum, ada juga yang coba memegang. Tapi ada juga yang ngelongok- ngelongok ke bagian bawah mobil. Aneh, karena mereka nggak menemukan binatang apa yang mampu melarikan kendaraan roda empat itu. (Kid- oest News : dari Jakarta tempo Doeloe, website Mercedes Benz, http://tlvima.leidevuniv.nl/, dan berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

4 komentar:

sentraBLOG on 26 Juni 2010 11.55 mengatakan...

pertamaxx....

info yg menarik...
hehehehe....

anggasona on 29 Juni 2010 23.49 mengatakan...

wow, baru tau aq sob, haha, ty banget nih dah diposting...keren :)

priyo on 8 Juli 2010 12.00 mengatakan...

keren bos ... lucu juga orang jaman dulu....

Warna Tulisan on 13 Juli 2010 08.18 mengatakan...

info yang luar biasa dan sangat kreatif.

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa