Senin, 19 April 2010

Mutan = Sel yang ngaco

Di dunia nyata, mutan bukanlah X-men seperti Professor X, Wolverine, apalagi seorang Cyclops. Mutan yang sebenarnya adalah sel hasil pembelahan yang gagal gara –gara ada campur tangan unsur lain.

Kalo denger kata mutan pasti yang ada di kepala adalah monster jelek berwajah aneh atau paling kita berfikir juga ke karakter X- men. Sebab kata ini sering di hubung- hubungkan ke kedua hal ini oleh para pembuat film ataupun komik. Dan imej itu nempel di kepala kita. Padahal mutan seperti itu bersifat fiksi ketimbang kenyataan.
Dalam ilmu biologi, mutan yang di kenal oleh para ahli genetik jaman dulu sebagai monster itu adalah organisme individu atau karakter genetik baru hasil dari mutasi dari sebuah Gen. bingung ya??? Sama!!. Hheehe.

Begini nih, pengertian mutan sendiri adalah organisme baru yang di hasilkan sebuah sel yang sifatnya berbeda dari sel asli karena terjadinya mutasi. Sering sekali proses mutasi ini merugikan. Meski begitu, para ahli tetap percaya bahwa mutan itu adalah salah satu tahapan evolusi.
Salah satu hasil mutasi itu adalah yang biasa ditemukan pada pasien dengan penyakit kanker. Dalam proses kerja sehari hari terjadi error dalam pembelahan sel rutin. Penyebabnya bisa polusi, racun dalam makanan dan sebagainya. Pembelahan tersebut terganggu sehingga tidak sempurna. Hasilnya adalah sel pembelahan nggak bersifat identik malah cenderung ngaco.

Para peneliti biasanya sangat tertarik dengan proses mutasi pada binatang. Misalnya lobster berwarna biru, spesies binatang albino, atau binatang yang mempunyai organ tubuh yang ekstra. Tetapi yang ngetop adalah lalat buah yang punya kaki di tempat antenna dan berubah warna.
Kalo kalian semua pernah denger berita di tv atau media cetak, kambing bertanduk lebih dari dua atau tumbuh di tempat yang nggak semestinya, nah itu masuk kedalam kategori mutasi. Sementara sel yang mengalami mutasi biasa di sebut Mutan.

Jadi intinya, mutan asli itu bukan manusia mirip karakter X-men yang bisa menghilang, mengatur angin dan badai, atau mengubah bentuk sesuka hatinya. Kalo ada mutan kayak gitu bisa kacau bumi ini. (Kid-oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa