Thursday, April 15, 2010

Air Laut Nggak Biru

Siapapun juga tahu dan nggak akan menyangkal kalo air murni itu nggak punya warna. Sama seperti kaca, bening! Tapi kenapa air laut berwarna biru??? Dan langit berwarna biru???

Ternyata, warna biru itu berasal dari cahaya matahari. Karena punya panjang gelombang yang besar, ketika memasuki atmosfer bumi, panjang gelombangnya mengecil dan memancar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama dengan panajang gelombang warna biru.

Bingung Ya??? Gini deh, kita pasti pernah belajar fisika dan kimia disekolah dan bikin percobaan pembelokan sinar oleh prisma. Nah, prinsip yang sama juga terjadi disini. Cahaya yang masuk akan terbias menjadi beberapa warna utama yaitu ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang gelombang warna paling tinggi dan warna merah paling terkecil sehingga muncul istilah Ultraungu (Ultraviolet) dan Infra Merah.

Trus, bagaimana dengan air laut yang berwarna biru??? Hal itu karena pantulan gelombang warna itu. Itulah sebabnya kenapa air di bak kamar mandi kadang- kadang terlihat berwarna hijau, biru ataupun putih. (Kid-oest News : dari berbagai sumber)
Share:

1 comment:

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

Copy the Link code To Your Blog

http://andhikawardhana.blogspot.com/

Total Pageviews Kid- oest News

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...