Kamis, 15 April 2010

SPYWARE : Iklan Yang Nyelonong

Spyware apaan sih???
Pernah dapet iklan dalam bentuk windows pas lagi browsing internet??? Atau tau- tau dapet tawaran menang hadiah terus disuruh klik “OK”. Atau dapet tawaran system booster biar computer jalannya cepet???

Nah yang kayak gini nih di kenal dengan nama Spyware. Meski mirip virus yang datang tanpaijin dan menggangu kinerja computer, spyware bukanlah virus. Virus computer adalah sejumlah kode yang didesain untuk mereplikasi dirinya sendiri sebanyak mungkin, dan bisa menulari satu computer ke computer lain. Dan biasanya bersifat merusak data- data pribadi di computer kita.
Sementara spyware nggak di desain untuk ngerusak computer. Secara umum spyware di kenal sebagai program yang masuk ke computer tanpa ijin dan bersembunyi di belakang sambil melakukan perubahan yang nggak kita inginkan. Kerusakan yang di timbulkan spyware sebenarnya lebih tepat disebut efek samping dari tujuan utamanya yaitu Bisnis. Aslinya spyware adalah iklan internet untuk menampilkan iklan monitor kita.

Spyware yang ada sekarang biasanya menyerang sistem operasi windows. Beberapa perusahaan dunia maya yang suka nyebar spyware diantaranya adalah :
1. Gator
2. Bonzi Buddy
3. 180 Solutions
4. DirectRevenue
5. Cydoor
6. CoolWebSearch
7. Xupiter
8. XXXDial
9. Euniverse
Maka kalo ada tawaran di email atau windows minta download dari mereka mendingan di cuekin aja.

Gimana Caranya Spyware Masuk Ke Komputer???
Ada beberapa cara spyware masuk ke computer, Yaitu :
1. Ikut dalam paket software online, biasanya ini sering terjadi ketika kita mendownload paket file sharing.
2. Datang dan mendownload sendiri, ada juga spyware yang kayak gini. Ini terjadi ketika sebuah website atau pop up windows berusaha mendownload dirinya sendiri.
3. Tawaran anti spyware, ini yang paling gregetin. Pura –pura nawarin software anti spyware. Begitu kita download ternyata spyware malah masuk.

Menangkal Spyware
1. Pake Pop blok, aplikasi ini dapat memblok kalo ada spyware mau datang.
2. Matiin active –X, banyak spyware dateng karena ada active –X di setingan windows. Kalo dimatiin kemungkinan dateng jadi sedikit, tapi beberapa web jadi susah untuk dikunjungi.
3. Hati- hati menginstall software online, selalu pake tanda X di ujung kanan atas windows untuk matiin pop up. Ini cara yang paling aman. (Kid-oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa