Sabtu, 19 Desember 2009

Bikin Salju Buatan

Di Indonesia hujan buatan mungkin bukan barang aneh. Beberapa kali percobaan ini di bikin di sini untuk mengatasi kemarau panjang. Ternyata bukan Cuma hujan doang bisa di bikin, salju buatan juga bisa di rekayasa. Dan itu di buat di Negara- Negara sub Tropis yang bermusim empat. Ini terjadi biasanya di resort olahraga ski yang sering kedodoran kalo misalnya salju yang turun nggak sebanyak yang di harapkan, atau nggak turun salju sama sekali.

Kalo itu terjadi, salju bisa di rekayasa menggunakan mesin pembuat salju. Secara prinsip salju akan terjadi ketika uap air berkondensasi dalam temperature yang cukup dingin, ini bisa terjadi di instalasi nuklir, dan menjadi Kristal es. Sehingga untuk membuat salju yang di butuhkan air dan temperature dingin.
Proses akan semakin cepat kalo bahan inti ikut di campurkan ke dalam air. Air sendiri mengandung banyak kandungan yang bisa menjadi nukleator tapi menambah nukleator lain akan membuat air menjadi butiran es sebelum jatuh ke tanah. Salah satu bahan nukleator yang sering di pakai adalah protein natural yang di sebut Snowmax yang terbukti baik untuk menarik molekul air.
Tipe tradisional pistol salju membuat butiran air dengan menggabungkan air dingin dan udara yang di kompres ( dipadatkan ). Di bukit ski, kita akan melihat pistol- pistol ini di pasang pada dua tabung khusus yang berfungsi untuk jalan udara dan saluran air.

Udara yang di kompres mempunyai tiga fungsi :
· Membuat air menjadi atom sehingga air akan terpecah menjadi butiran- butiran
· Mendorong butiran air di udara.
· Membuat butiran air lebih dingin sebelum di dorong ke udara.

Langkah terakhir adalah menambah bahan lain berupa udara yang di padatkan. Ketika udara dipadatkan partikel udara yang berbeda akan merapat bersama, yang berarti mereka nggak bergerak bebas lagi. Ketika udara di lepas partikel akan menyebar dan bergerak lebih bebas. Ini berarti partikel di udara menggunakan energy yang lebih banyak menyerap panas di sekeliling mereka sehingga membantu mendinginkan udara di sekitar butiran air yang dilepas ke udara.
Alat lain ada yang nggak menggunakan alat untuk memadatkan udara. Yang dibutuhkan hanya air dan power supply yang membuat air biasa menjadi atom dan butiran- butiran kecil. Butiran air kemudian di tembak di udara oleh kipas yang kuat. Keuntungan pistol salju tipe ini adalah kita nggak perlu menyuplai pemadat udara. Cuma air dan tenaga yang kuat. (kid-oest News : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa