Sabtu, 12 Desember 2009

Membaca Buku yang Ngebosenin

Membaca buku bisa jadi menyenangkan. Apalagi kalo topiknya menarik dan sesuai dengan minat kita. Tapi, membaca bisa jadi kegiatan yang ngebosenin. Ini terjadi kalo kita harus baca buku supertebel yang topiknya nggak menarik. Bisa- bisa, mati bosen ngebacanya.
Gimana ya cara ngakalin biar buku yang nggak menarik bisa tetep terbaca??? Coba ikutin langkah –langkah di bawah ini.


Pertama, perhatiin buku yang harus di baca. Coba Tanya ke diri kita, apa sebenarnya makna di balik judul buku itu. Pikirin baik- baik. Kalo berhasil dapat jawabannya, artinya kita udah tau sedikit gambaran soal isi buku itu. Nilai plus banget, tuh! Kalo belum, jadiin ketidaktahuan kita sebagai pendorong untuk mencari tau lebih dalam isi buku itu.

Kedua, buka bagian daftar isi! Kalo kebetulan buku itu nggak punya daftar isi, langkah ini bisa di lewatin. Perhatiin baik- baik bab- bab yang termuat dalam dalam daftar isinya. Coba cari topic yang benar- benar kita butuhkan. Begitu ketemu, langsung aja buka bab tersebut, ini akan membuat kita cepat menemukan topic yang kita mau.

Ketiga, kalo ada ketentuan yang mengharuskan kamu untuk membaca keseluruhan buku- misalnya dalam rangka belajar untuk tes akhir semester- silahkan lupain langkah kedua. Langsung aja buka bab demi bab buku itu. Lantas, coba cari kalimat utama dalam setiap paragraph. Asal tau aja kalimat utama adalah kalimat yang terpenting dalam sebuah paragraph. Yang bisa jadi kesimpulan keseluruhan isi paragraph.

Keempat, tandai kalimat utama itu dengan marker spidol. Selesaikan langkah ini bab demi bab. Begitu sudah selesai, coba baca lagi buku itu. Pasti akan lebih mudah, karena pola pikir kita langsung terpaku pada kalimat utamanya.

Kelima, bikin limit waktu. Misalnya 30 menit. Jangan paksakan diri ngebaca buku yang ngebosenin dalam waktu cepat. Karena kita akan merasa terpaksa ngebaca tuh buku. Mendingan, baca dalam kurun waktu tertentu, lantas beristirahat. Cara ini akan lebih mudah.

Keenam, bikin catatan. Ya, semacam kesimpulan yang kita baca dari tiap bab buku itu. Hal ini berguna untuk membantu kita mengingat isi buku. Kalo sekadar membaca, kita mungkin cepat lupa. Tapi, kalo sempet di tulis juga, ingatan kita akan lebih terbantu.

Ketujuh, Kelar ngebaca, coba Tanya- Tanya ke diri kita, apa aja yang udah kita baca. Coba inget- inget. Kalo ada yang miss atau lupa, langsung cari bagian yang kita nggak inget. Sehingga, ingatan kita bisa utuh lagi.

Selamat mencoba!

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa