Kamis, 31 Desember 2009

Di Balik Logo Mobil

Penasaran sama sejarah logo mobil??? Baca artikel di bawah buat tau arti dan sejarah logo- logo mobil!


· AUDI
Audi AG Company terbentuk dari konsorsium otomotif asal jerman pada tahun 1932 : DKW, Horch, Wanderer dan Audi. Makanya logo yang dipilih sebagai lambang perusahaan bary ini adalah 4 lingkaran yang saling beririsan. Nama Audi yang mengiringi logo sempet di hilangkan sesaat setelah Perang Dunia I berakhir. Namun pada tahun 1965 nama tersebut dimunculkan kembali.

· BMW
Bayerische Motoren Werke (BMW) awalnya bukanlah sebuah perusahaan otomotif. Perusahaan ini didirikan guna mendukung produksi pesawat terbang buat kebutuhan militer jerman. Produk utamanya hingga tahun 1918 adalah mesin pesawat terbang. Dari sinilah asal logo yang dipake hingga saat ini. Logo tersebut melambangkan baling- baling pesawat terbang dan warna biru mewakili langit.

· Mercedes Benz
Mobil- mobil Mercedes sekarang ini dianggap salah satu yang mendominasi pasar sedan mewah dunia. Kemungkinan besar itu ada pengaruhnya dari logo yang dipake sejak tahun 1909. Logo bintang bermata tiga melambangkan dominasi di darat, laut, udara. Pada tahun 1926 logo ini sempat di lengkapi dengan mahkota sebagai tanda partnership dengan perusahaan otomotif Benz. Logo yang ada kayak saat ini mulai dipake sejak tahun 1937.

· CITROEN
Sewaktu Andre Citroen mendirikan perusahaan ini pada tahun 1919 di paris, perancis. Produk pertamanya bukan berupa mobil. Cita- citanya membangun perusahaan otomotif besar dimulai dengan memproduksi gir roda. Makanya logo yang dipake perusahaan ini menyerupai 2 anak panah yang bertumpuk. Logo ini melambangkan gerigi pada gir roda. Mobil pertamanya diproduksi nggak lama setelah itu.

· FERRARI
Sewaktu perang dunia I, italia memiliki pilot penerbang tangguh bernama Francesco Baracca, pesawat yang di terbangkan mudah di kenali lantaran ada logo berupa gambar kuda jingkrak. Setelah sang pilot gugur, ortunya pengen agar pejuang ini tetap di kenang. Salah satu caranya adalah memaksa Enzo Ferrari buat memasang logo kuda jingkrak pada mobil balap produksinya. Belakangan logo ini jadi trademark Ferrari.

· MAZDA
Jangan di kira logo salah satu perusahaan otomotif terbesar asal jepang ini cemen. Meski bentuknya tuh kayak bunga tulip, tapi bukan dari situ asalnya. Logo yang di ciptakan dari desainer top jepang, Rei Yoshimara, ini menggambarkan sayap yang sedang berkembang. Kalo mau di maknai, logo ini melambangkan kreativitas dan fleksibilitas Mazda.

· MITSUBISHI
Yataro Iwasaki membangun perusahaan besar ini pada tahun 1870 sebagai pembuat kapal laut. Makanya logo perusahaan yang dipake sejak saat itu berbentuk kayak tiga berlian, yang nggak lain mewakili baling- baling kapal. Mitsubishi sendiri artinya adalah tiga roda berputar. Mobil pertamanya di produksi tahun 1917.

· PEUGEOT
Kalo orang perancis dianggap punya rasa nasionalisme yang tinggi rasanya nggak salah juga. Buktinya, Armand Peugeot memakai singa sebagai logo perusahaan otomotif yang didirikan pada tahun 1882. Singa tadi nggak lain adalah lambang dari kota Belfort, tempat perusahaan ini berada . logo Peugeot sekarang ini , yang dipake sejak tahun 1989, merupakan modifikasi yang ke- 10.

· PORSCHE
Sebelumnya perusahaannya sendiri berkibar, Ferdinand Porsche sempet terlibat dalam proyek pengembangan Mercedes serta VW. Akhirnya pada tahun 1948, Engineering Office berdiri di kota Stuttgart, Jerman. Lambang kota Stuttgart pun dipake sebagai logo dalam bentuk perisai kecil di tengah. Sedangkan perisai yang besar merupakan lambang dari kerajaan Wurttemberg, cikal bakal Jerman.

· SUBARU
Subaru bisa di artikan sebagai komstelasi enam bintang, atau dalam bahasa Jepangnya : Mutsuraboshi. Logo Subaru merupakan konstelasi bintang tadi yang terdapat pada rasi Taurus. Kemungkinan logo ini mempresentasikan sejarah perusahaan holding-nya yang terbentuk dari 5 perusahaan kecil menjadi 1 perusahaan besar bernama Fuji Heavy Indrustries. Makanya ada 5 bintang kecil dan 1 bintang besar pada logonya.

· TOYOTA
Awalnya logo Toyota nggak kayak yang kita kenal sekarang . logonya tuh berupa huruf kanji. Lantas sekitar tahun ’80- an, logo tadi berubah dengan bentuk kayak seorang koboi dengan topinya yang besar. Sebenarnya logo ini adalah gabungan dari 3 buah elips. Elips- elips ini mewakili customer, produk, serta perkembangan teknologi tanpa batas. (Kid-oest News : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa