Kamis, 18 November 2010

Macam- Macam Metode Bahasa Indonesia

a. Metode Definisi
b. Metode Sebab –Akibat
c. Metode Proses
d. Metode Contoh
e. Metode Klasifikasi

Penjelasan dari metode- metode diatas,

a. Metode DEFINISI
metode batasan, kalimat yang mengungkapkan makna keterangan.

Contoh kalimat paragraph metode definisi :
Sekarang helm sudah bukan barang mahal lagi. dengan duit kurang dari 100 ribu kita bisa dapat helm half face kualitas lumayan. Soal model sih relatif. Yang penting helm-nya memenuhi standar kelayakan pakai.
Cara ngetesnya? Gampang aja! Ketika dipakai helm terasa pas, ruang longgarnya nggak lebih dari satu jari. Bisa diajak nengok kanan- kiri atau manggut- manggut keatas dan kebawah.
Nggak juga kelewat ngepres, nggak bikin pipi kempot. Terakhir pastikan tersedia tali pengikat dan kaca helm. Kaca berfungsi sebagai menahan debu, kerikil dan serangga yang dapat menggangu konsentrasi.
Helm full face lebih disarankan ketimbang half face. Sebab kalo jatuh, dagu kita masih bisa terlindungi dari benturan aspal.


b. Metode SEBAB- AKIBAT
metode yang menjelaskan proses suatu awalan tindakan (sebab) yang berpengaruh (akibat).

Contoh kalimat paragraph metode Sebab -Akibat :
Musim hujan mulai datang. Artinya, akan banyak orang yang terserang batuk dan pilek. Gejala penyakit yang biasa disebut influenza atau flu. Mahluk apa sih flu itu??
Flu adalah penyakit rongga pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza, tepatnya influenza A, influenza B dan influenza C. tipe A dan C menyerang beberapa jenis spesies. Tapi, tipe B hanya menyerang manusia.


c. Metode PROSES
metode yang menjelaskan rangkaian suatu tindakan.

Contoh kalimat paragraph metode proses :
Proses teknik mengerem motor secara mendadak,
Jalanan semakin hari semakin rame aja dengan kendaraan bermotor. Semakin beragam sifat-sifat pengendara yang harus dihadapi. Jangan berharap semua pengendara mempunyai kelakuan yang baik dijalan. Jadi kita harus waspada. Ada halangan sedikit aja kalo nih mata nggak awas akibatnya bisa fatal. Yang harus diwaspadai adalah pengereman secara mendadak. Nah, gimana tekniknya kalo sewaktu- waktu harus melakukan pengereman mendadak ? kira kira begini.
1. Jangan menggunakan kedua rem secara bersamaan.
Ini bisa mempersulit konsentrasi keseimbangan. Gunakan aja rem depan yang daya rem-nya lebih pakem.
2. Nggak usah berusaha menurunkan porseneling rendah.
3. Tekan tuas kopling.
Kalo motor memakai tuas kopling, sebaiknya ditekan agar mesin nggak terus bekerja. Tujuannya menghindari gerak liar roda penggerak motor.
4. Cari celah kosong.
Usahakan mata selalu mencari celah yang kosong.


d. Metode CONTOH
metode yang menerangkan suatu keadaan.

Contoh kalimat paragraph metode Contoh :
50 Km tanpa kabel,
Wifi kayaknya nggak secanggih ini deh? Eh, ini memang lanjutannya. Teknologi memang nggak pernah habisnya. Teknologi ini merupakan lanjutan dari teknologi Wi-Fi namanya Wimax (Worldwibe Interopability for Microwave Accsess).
Fasilitas memang nggak nanggung- nanggung. Teknologi ini mempunyai akses internet tanpa kabel dengan kecepatan tinggi dan jalan di frekuensi 5,7 GHz dan bisa berlangsung pada jarak hampir 50 km atau 17 kali lipat Wi-Fi biasa. Tentu dengan fasilitas yang diberi Wimax, teknologi ini masih mahal.


e. Metode KLASIFIKASI
metode tentang penyusunan seteliti yang bersistem dalam kelompok.

Contoh kalimat paragraph metode Klasifikasi :
Mimpi adalah manifestasi dari kumpulan kejadian harapan, dan kekecewaan yang benar- benar kita alami. Yang oleh karena suatu hal lain yang belum bisa kita selesaikan tapi udah keburu masuk kea lam bawah sadar, kejadian, harapan dan kekecewaan itu akhirnya lepas dengan cara memunculkan diri ketika kita berada dalam kondisi nggak sadar. Misalnya tidur ataupun pas koma.
Tapi ada juga yang bilang, mimpi hanya bagian dari proses “pencucian” memori otak. Maksudnya setiap detik kan kita menangkap banyak hal dengan panca indera. Terus, kita juga memikirkan dan merasakan macam- macam. Semua ujung- ujungnya akan dilempar ke memori otak. Padahal memori otak punya keterbatasan untuk menyimpan. Makanya saat tidur memori otak melakukan pemilihan. Mana yang penting dan mana yang nggak, mana yang bermakna dalam dan yang nggak. (Kid- oest News)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa