Kamis, 18 November 2010

Membedah Jurusan Komputer

Hari gini, udah nggak jaman lagi orang awam bermasalah dengan komputer. Jadi, buat bekal berkelana di jaman digital sekarang ini, jurusan komputer seru juga untuk di bedah , berikut kulikan Kid- oest News tentang jurusan Komputer. Lengkap mulai dari apa yang dipelajari, tempat Universitas “Top” nya (Basic IT terakreditasi A), sampe prospek di dunia kerja. diCek sob!

Komputer udah jadi barang biasa di jaman digital. Hampir disemua bidang pekerjaan pasti terkait dengan teknologi ini. Komputer jadi akrab dengan kehidupan sehari hari.

Apa yang dipelajari di Jurusan Komputer??
Banyak banget pilihan yang bisa kita ambil kalo mau mendalami ilmu computer. Antara lain :

1. JURUSAN SISTEM KOMPUTER
Jurusan ini ngarahin mahasiswa agar bisa memahami dan merancang system computer secara menyeluruh. Jurusan ini juga mencakup elektronika analog, elektronika digital, perangkat lunak atau software pendukung dan jaringan computer.
Spesialisasi : Comunication System, Robotika dan Otomasi, Sistem Digital, Pengelolaan Sistem Komputer, analysis, Networking.

2. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Jurusan ini mencakup penekanan di dalam bidang rancang bangun piranti lunak, multimedia, web, database dan jaringan computer.
Spesialisasi : Software Engineering, Intelligent System, Database Technology, Networking.

3. JURUSAN SISTEM INFORMASI
Jurusan ini targetnya adalah bisa membuat aplikasi pendukung buat kebutuhan manajemen di segala bidang.
Spesialisasi : Corporate Information System, Database, e- Business.

4. KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Jurusan ini mampu merancang dan membuat analisa system informasi akuntansi. Bukan itu aja, masih banyak lagi.
Spesialisasi : Is- Audit, Multinational Financial Information, Accounting Information System.


Dimana Kuliah Jurusan Komputer?

1. Universitas Gunadarma World Rank 1025, indonesia Rank 5


Jurusan ini berada di bawah fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Sebenarnya jurusan ini sudah ada sejak Universitas Gunadarma masih bernama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma. Nggak heran, Akreditasi jurusan ini cukup memuaskan. Maklum, umurnya juga sudah cukup tua, sejak tanggal 7 april 1981.

2. Universitas Indonesia World Rank 815, Indonesia Rank 3


Fakultas ilmu komputer di universitas Indonesia udah ada sejak tahun 1994. Sampai sekarang, udah banyak banget ngelahirin lulusan yang berkualitas. Fakultas ilmu Komputer yang ada di UI bisa di masukan ke kategori lengkap. Nggak heran biaya untuk masuk fakultas ini cukup tinggi.

3. Universitas Bina Nusantara World Rank 3620, Indonesia Rank 28

Fakultas ilmu computer binus termasuk tujuan belajar yang direkomendasikan. Dari segi fasilitas bisa dibilang lengkap. Ini terbukti Binus dapet sertifikat ISO 9001. Patokannya adalah fasilitas lengkap dan modern.



4. Institut Teknologi Bandung World Rank 661, Indonesia Rank 2


Teknik informatika masuk kedalam list 3 besar jurusan favorit di ITB. Kita akan belajar soal software dan juga hardware.

5. Universitas Dian Nuswantoro World Rank 6385, Indonesia Rank 45


Universitas ini berdiri sejak tahun 1990-an. Dulunya masih jadi akademi. Baru ditahun 2000 menjadi universitas Dian Nuswantoro yang ngetop sama fakultas ilmu komputernya terutama teknik informatika.


Prospek Kerja Jurusan Komputer
Dulu, kerja dibidang komputer identik jadi seorang programmer. Padahal, masih banyak profesi lainnya. Apa aja??

1. Network Administrator
Profesi yang berhubungan dengan jaringan komputer disebuah perusahaan. Tugasnya mengelola jaringan tersebut termasuk pengembangannya.

2. Computer Engineer
Profesi yang berhubungan dengan masalah masalah teknis dari komputer. Keahliannya bisa ditebak sebagai ahli jeroan computer serta perangkat yang dioperasikan komputer.

3. Software Developer
Profesi dengan kerjanya yang mengotak –atik perangkat lunak atau software untuk komputer. Profesi ini dituntut mengerti banget dengan bahasa pemrograman.

4. Web Developer
Profesi yang berhubungan dengan dunia maya alias internet. Tanggung jawabnya adalah mengelola dan mengembangkan situs internet atau website organisasi atau perusahaanya. Bertugas juga sebagai desain rancang situs yang menyangkut tata letak layout web.

5. System Designer
Profesi yang kerjaannya berhubungan seperti seorang arsitek. Yang berarti, dia punya tugas untuk merancang sebuah bangunan.

6. System Analyst
Profesi yang wajib mempunyai kepekaan dan pemahaman yang mendalam terhadap sebuah system. Salah satu tugasnya adalah mencari tau apakah sebuah system cocok atau nggak digunakan perusahaan. Dalam posisi ini, dia akan bertindak sebagai konsultan ahli. Honornya?? Jangan ditanya sob! Menggiurkan! (Kid- oest News : dari berbagai sumber, Ranking berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2010).

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa