Kamis, 20 Januari 2011

Jenis –jenis sambal di Dunia

Makan tanpa sambal? Kayaknya kurang pas nih.
Kalo di Indonesia punya beberapa jenis sambal seperti sambal terasi, sambal mangga muda, sambal bajak, sambal tomat, dan lainnya. Beberapa di Negara lain juga punya jenis sambal lain yang rasanya unik sob! Berikut daftarnya..

Wasabi
Makan makanan jepang seperti sushi dan sashimi, nggak lengkap kalo tanpa sambal ini. Wasabi punya cita rasa yang unik. Begitu menyentuh lidah, kayaknya ada sedikit ‘ledakan’ yang langsung menghangatkan mulut dan disertai sedikit rasa manis. Tapi sambal yang berbentuk pasta hijau muda ini, bukan berasal dari cabe seperti sambal pada umumnya. Melainkan dari tanaman wasabi yang ‘katanya’ sekeluarga dengan tanaman brokoli dan kubis.


Jalapeno
Diantara berbagai jenis sambal di Mexico, Jalapeno merupakan sambal yang paling ngetop dan paling banyak dipake. Sambal jalapeno berasal dari cabe hijau jalapeno yang kira- kira panjangnya 6-8cm dan berdiameter 5cm. cara penyajian sambal ini bermacam- macam, ada yang dikemas dalam bentuk bubuk, saus atau dipotong- potong. Jalapeno masuk dalam kategori sambal yang rasa pedasnya sedang.

Tabasco
Sambal pedas dan panas ini, sebenarnya diproduksi pertama kali di Lousiana, Amrik. Tapi nama Tabasco sendiri diambil dari Negara Mexico. Saus sambal ini merupakan cabe racikan dari jenis Capsicum Frutescens, yang bentuknya kecil kayak cabe rawit merah. Lalu dicampur air cuka dan garam. Kemudian di fermentasi didalam tong. Sambal Tabasco sering digunakan dalam penyajian Pizza.

Habanero
Bentuk tanaman cabe habanero ini, mirip dengan paprika. Tapi jangan ditanya pedasnya! Karena kalo dalam skala Scoville (satuan pengukur tingkat kepedasan cabe) rentang antara 0 – 300.000, maka salah satu jenis habanero yaitu red savinas, bisa mencapai skala 580.000! cabe ini biasanya dikemas dalam bentuk bubuk dan saos dan sering digunakan dalam makanan Latin. Saking pedasnya, beberapa perusahaan yang memproduksi sambal habanero ini, selau ngasih peringatan pada label botol. Sambal ini jangan sampe mengenai mata, muka dan bagian sensitive tubuh lainnya. Bakal perih. (Kid –oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

2 komentar:

avail on 11 Oktober 2011 10.15 mengatakan...

enak banget sambelnya
pasti pedas :)

Anonim mengatakan...

Hmm...
jdi pengen makan nih...
hehehe

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa