Kamis, 20 Januari 2011

Coffee asal Indonesia

Dari jawa sampai papua, kopi asal Indonesia terkenal sampai ke mancanegara.
Nggak salah lagi deh kalo Negara kita (Indonesia) memang kaya banget. Lihat aja dari beragam jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini. Para penikmat kopi di mancanegara, sudah banyak yang ikut menikmatinya. Dibawah ini berikut daftar terkenal di Indonesia, dicek sob!

KOPI LUWAK
Ini dia kopi asal Indonesia yang katanya langka dan mahal banget didunia. Bayangkan aja, buat kopi Luwak seberat 113 gram, harganya bisa mencapai satu juta rupiah! Kopi unik ini berasal dari… kotoran binatang yang disebut Luwak (paradoxurus), binatang malam seperti musang ini, memakan daging dari buah kopi yang sudah matang dan akan mengeluarkan biji kopi bersamaan dengan kotoran. Nah, biji dari kotoran Luwak ini lalu dikumpulkan, dicuci bersih, dijemur sampe kering, dipanggang dan digiling. Nggak heran kan, kalo kopi ini sering disebut cat poop coffee.


KOPI JAWA
Salah satu kopi terbaik di Jawa, berasal dari daerah Jember, jawa timur yang terkenal dengan nama Java Jampit. Kopi ini diproses dengan cara digosongkan. Dan uniknya, setelah diseduh air panas , akan tercium sedikit aroma cabe. Diluar negeri, kopi jawa memang terkenal banget. Malah sampe sekarang, Java coffee masih jadi nickname buat nama segala jenis kopi dari Indonesia yang beredar di Amerika Serikat.




KOPI BALI
Desa Banyuatis merupakan salah satu penghasil kopi Bali berkualitas tinggi. Iklim di Bali emang cocok buat perkebunan kopi. Sebagian besar di ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Pencampuran dua kopi Robusta dan Arabica yang ditanam disini, menghasilkan rasa dan aroma yang khas dari kopi Bali.


KOPI TORAJA
Biji kopi Arabica di Toraja, pertama kali ditanam pada tahun 1750. Kopi ini juga mempunyai aroma daun yang khas, banyak yang memilih meminumnya tanpa campuran apapun, termasuk gula! Salah satu jenis kopi Toraja yang paling terkenal adalah jenis Toraja Kalosi yang banyak di ekspor ke Jepang.



KOPI ACEH
Jangan kaget kalo di Aceh ada menu yaitu kopi Sanger dan kopi Cret yang artinya kopi tanggung. Kopi ini sekilas mirip cappuccino encer. Selain itu ada kopi tarik yang cara penyajiannya sama dengan cara di India. Atau kopi telur yang mmencampurkan sebutir telur mentah pada secangkir kopi.



KOPI PAPUA
Di Papua, ada kopi yang beraroma cokelat, mocca, bahkan jeruk! Kopi yang dinamai Amungme Gold Arabica Coffee ini berasal dari Gunung Nemangkawi di dataran Papua. Berwarna cokelat tanah dan rasanya asam. Tapi sebenarnya , Papua mempunyai dua jenis kopi yaitu Arabica dan bica. (Kid –oest News : dari berbagai sumber).

Related Post



Share This
Subscribe Here

1 komentar:

superstar racing on 20 Januari 2011 21.41 mengatakan...

Your blog is great你的部落格真好!!
If you like, come back and visit mine: http://b2322858.blogspot.com/

Thank you!!Wang Han Pin(王翰彬)
From Taichung,Taiwan(台灣)

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa