Rabu, 17 Februari 2010

Merawat Sepatu

Yang namanya sepatu, apapun sebutannya, seberapapun mahal harganya, tempatnya tetep aja di kaki juga. Dan namanya kaki, secara nggak sadar, kadang nggak bisa di control pergerakannya, tingkat kekotorannya, dibanding anggota tubuh kita yang lain. Apalagi buat cowok, yang hobi nyusruk- nyusruk kalo lagi jalan atau olahraga. Nggak heran kalo resiko jebol atau rusak, lebih besar daripada kaos,celana, atau tas yang tiap hari juga kita pakai. Gimana caranya biar sepatu kesayangan kita bisa lebih awet umurnya??? Berikut tips ngerawatnya.

Perawatan sepatu sehari-hari
· Misalnya, sepatu kita pake setelah ujan –ujanan, pastiin dulu sepatu bener- bener kering sebelum kembali dipake. Kelembaban karena basah, berpotensi nimbulin jamur. Terlebih lagi kalo sepatu kita terbuat dari kulit.

· Yang mulai duluan mulai rusak, biasanya di bagian sol. Maklumlah, tuh bagian kan emang sering ketemu aspal. Belum lagi dia harus menahan beban berat kita. Maka, rajin- rajinlah ngecek bagian ini.

· Untuk sepatu yang rutin kita pake, nggak ada salahnya nambahin lapisan kain di bagian dalamnya. Biar tambah awet.

· Ingat! Usahain selalu pake kaos kaki. Apalagi kalo kaki kita cenderung berkeringat. Biar keringat nggak nempel dan langsung membasahi bagian dalam sepatu dan ujung- ujungnya.

· Cara kita jalan juga sangat mempengaruhi umur sepatu. Sebisa mungkin, jangan di seret- seret kalo melangkah. Trus buat yang hobi nendang –nendang batu kalo lagi jalan, ya dikurangin aja kali ya…..


Selain tips diatas, biar sepatu tambah awet, nggak ada salahnya juga kita sempetin buat nyuci. Berikut langkah- langkahnya..

· Siapin campuran air dengan sabun cuci. Sabun cucinya yang biasa di pake buat nyuci baju.

· Lepaskan semua tali dan pelapis bagian dalam. Lalu rendam dan bilas air.

· Mulai sikat sepatu dengan air sabun. Pake aja sikat lembut. Bagian luar dan dalam jangan lupa disikat.

· Setelah disikat, bilas lagi dengan air bersih. Pastikan jangan ada sabun yang tertinggal.

· Setelah dibilas, mulai deh proses pengeringan. Di jemur.

· Selama proses pengeringan, jangan lupa cuci sol pelapis dalam sepatu dan tali sepatu. Pake aja campuran air sabun yang tadi.

· Buat sepatu yang terbuat dari kulit, nggak ada salahnya juga di semir setelah di cuci.

Selamat mencoba.

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa