Fakta Di Dunia yang harus kalian tau (1)

· Pernah dengar istilah zionisme? Terminologi itu dipopulerkan filsuf Yahudi, Nathan Birnbaum, pada 1890. Zionisme diambil dari nama bukit Zion di mana kuil Jerusalem berdiri. Zionisme adalah gerakan untuk menyatukan orang yahudi yang terpencar diseluruh dunia karena mereka nggak punya tanah air. Baru pada tahun 1948 atas bantuan Inggris mereka memperoleh tanah dan mendirikan Israel. Padahal tanah yang mereka ambil itu milik Bangsa Palestina!

· Orang Eskimo menggunakan lemari es agar makanannya nggak terlalu beku!

· Satu kilogram gula pasir rata- rata terdiri dari 5 juta butir gula. Nggak percaya?? Coba Hitung sob!

· Kincir angin diseluruh dunia biasanya berputar berlawanan dari arah putaran jarum jam. Kecuali kincir angin di Irlandia.

· Kapal Titanic tenggelam pada 15 april 1912. Lebih dari 1.500 orang tewas setelah kapal itu menabrak gunung es. Sekitar 14 tahun sebelum kejadian tersebut, novelis Morgan Robertson pernah menulis novel yang menggambarkan kejadian yang sama. Ukuran kapalnya pun sangat mirip. Nama kapal dalam novel Robertson adalah Titan.

· Secara umum bagian yang lebih “gelap” dari sayuran atau buah- buahan adalah bagian yang paling banyak mengandung nutrisi.

· Sebatang pensil bisa digunakan untuk menulis sekitar 50 ribu kata dalam bahasa inggris. Kalo punya waktu luang, kita bisa bikin garis sepanjang 50 km dengan sebatang pensil.

· Bulan ternyata sejuta kali lebih kering dibandingkan gurun paling kering di Bumi.

· Gerombolan belalang gurun sanggup menghabiskan 20 ribu ton tanaman dalam sehari.

· Kalo disambung- sambung nih, maka panjang pembuluh darah seorang manusia bisa mencapai 97.000 km.

· Tau nggak Negara mana paling boros? Amerika Serikat mengkonsumsi 25 persen dari seluruh kebutuhan energy dunia.

· Kalo kita menemukan patung yang menggambarkan seseorang sedang naik kuda, coba pehatikan posisi kaki sang kuda. Kalo dua kaki depan terangkat, berarti orang yang digambarkan sedang menungganginya tewas dalam sebuah pertempuran. Kalo satu kaki yang terangkat, si penunggang tewas akibat cedera yang dialaminya saat perang. Kalo nggak ada kaki yang diangkat? Si penunggang tewas karena sebab yang lain.

· Duel dengan senjata adalah sesuatu yang legal dan sah di Paraguay. Cuma ada satu syarat : pihak yang terlibat harus terdaftar sebagai pendonor darah.

· Lagu Happy Birthday adalah lagu pertama yang dikumandangkan diluar angkasa. Lagu itu diputar kru pesawat antariksa Apollo IX pada 8 maret 1969.

· Lem pertama dipatenkan pada tahun 1750 di inggris. Saat itu lem terbuat dari ikan.

· Ukuran hati ikan paus biru dewasa, sebesar sebuah city car. Seukuran Hyundai atoz –lah kira- kira.

· Musim panas di planet Uranus berlangsung selam 21 tahun. Hal ini sama berlakunya dengan musim gugur disana.

· Ikan yang hidup dikedalaman 800 meter atau lebih dibawah permukaan laut, matanya nggak berfungsi. Belum ketahuan apa mereka suka bertabrakan atau nggak. Kalaupun bertabrakan pasti ikannya nggak akan teriak, “mata lo kemana hah?”

Bersambung…
(Kid- oest News : dari berbagai sumber).

1 komentar:

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua diterima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya.
Share and Comment No spam!