Sabtu, 02 Januari 2010

Gol Tercepat, sepanjang gelaran Piala Dunia.

Sepak bola adalah permainan 2 x 45 menit. Dengan 22 orang dalam satu lapangan, memperebutkan satu bola bisa jadi hal menarik. Orang- orang lalu menanti kapan saatnya gol tercipta. Untuk itu butuh waktu menitan bahkan jam untuk menciptakan satu gol. Sulit??? Bisa iya bisa tidak. Sebab dalam sepak bola ada juga yang namanya keajaiban. Sebuah gol ternyata bisa terjadi dalam hitungan detik.

1. 2002, HAKAN SUKUR (11 detik), TURKI vs KOREA SELATAN.
Hakan sukur sukses menjadi penghenti nasib baik korsel di Piala Dunia 2002. Kelar peluit tanda Kick-off berbunyi, umpan ilham mansiz di bawa hakan sukur sebentar untuk melewati Hong Myung-bo. Setelah itu tendangan keras dari jarak 16 meter ke arah kiper Lee Woon-jae membuat nama hakan sukur tercatat di urutan teratas pencetak gol tercepat dalam sejarah putaran final piala dunia.




2. 1962, VACLAV MASEK (15 detik), REP. CEKO vs MEKSIKO.
Vaclav Masek boleh jawara karena selama 40 tahun memegang rekor untuk kategori pencetak gol tercepat FIFA. Masek membuat gol ajaib itu di piala dunia 1962. Masek sendiri adalah pemain lapis kedua. Ia diturunkan di partai terakhir Grup C melawan meksiko. Ketika pertandingan berjalan 15 detik, kakinya menyepak si kulit bundar ke gawang Carbajal. Sayang gol ini nggak mampu menghentikan aksi meksiko untuk menang 3 – 1.

3. 1966, PARK SOONG-JIN (23 detik), KOREA UTARA vs PORTUGAL.
Untuk wilayah asia, korea adalah langganan piala dunia. Pada tahun 1966 korea utara menjadi wakilnya. Korea utara bukan Cuma sekedar masuk piala dunia, tapi juga menyentak para raksasa bola untuk waspada. Korea utara sukses menekuk Italia 1 – 0. Pada perempat final korea utara berhadapan dengan Portugal. Nah saat itulah nama Park Soong-jin tercatat sebagai pencetak gol tercepat. Park Soong-jin membuka gol hanya dengan waktu 23 detik. Gol ini membuat Lee Dong-woon dan Yang Seung-kook terinspirasi dan mencetak dua gol berikutnya. Sayang, Eusebio, legenda sepak bola Portugal, menggagalkan kemenangan tersebut dan mencetak 4 gol balasan. Portugal menang 5 – 3 lewat tambahan satu gol dari Agusto.

4. 1934, ERNST LEHNER (24 detik), JERMAN vs AUSTRIA.
Jerman mungkin lebih superior dari Austria dalam urusan sepak bola. Tapi di piala dunia italia 1934, kondisinya nggak seperti itu. Keduanya berimbang dan sama –sama lolos ke semi final. Keduanya harus bertemu di perebutkan tempat ketiga. Di sinilah Ernst lenher mencetak sejarah. Kakinya sudah menyarangkan gol dalam waktu 24 detik. Meski mampu melawan, Austria akhirnya keok dan menyerah 2 – 3 dari jerman.

5. 1982, BRYAN ROBSON (27 detik) INGGRIS vs PERANCIS.

Inggris terkenal dengan kick and rush. Pola permainan cepat dan tendangan jarak jauh jadi menu biasa buat pemain inggris. Berkat pola itu pula Bryan Robson bisa dengan mudah mencetak gol ke gawang Perancis yang di jaga Ettori. Bryan Robson Cuma butuh waktu 27 detik untuk membuat Inggris unggul 1 – 0. Meski perancis sukses menyamakan kedudukan lewat Soler, kaki Robson juga yang bikin inggris kembali unggul 2 -1.





6. 1978, BERNARD LACOMBE (37 detik) PERANCIS vs ITALIA.

Pada piala dunia 1982, perancis jadi korban gol tercepat Bryan robson. Tapi empat tahun sebelumnya justru salah satu pemain perancis yang bikin lawan kaget dengan gol cepatnya. Bernard Lacombe jadi pahlawan saat itu. Meski harus berhadapan dengan italia yang di komandani oleh Dino Zoff, perancis nggak lantas gentar. Lacombe Cuma butuh 37 detik untuk membuat Dino Zoff nggak berdaya. Tendangan melewati kepala zoff dan bikin perancis memimpin 1 – 0 selama 30 menit 38 detik. Setelah itu Paolo Rossi dan Zaccarelli membuyarkan kemenangan perancis. (kid-oest news : dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa