Senin, 28 September 2009

NAGA

Tau kan kalo naga itu Cuma mahluk khayalan. Tapi kenapa nih mahluk kayaknya jadi fenomenal banget??
Kemunculannya aja nyaris ada di mana- mana!

Nggak susah mungkin buat mengingat- ingat di mana sosok mahluk bernama naga pernah kita lihat atau dengar. Salah satunya mungkin dari komik , game, buku, atau film. Lebih tepatnya dari setiap cerita atau kisah yang temanya berbasis fiksi. Kayak komik cerita silat kuno, game RPG, serta buku atau film yang bertemakan mitos dan legenda .

Kemunculan naga yang paling gres ada pada film berjudul Eragon. Film bertema mitos dan legenda. Film yang di angkat dari buku dengan judul yang sama ini menjadikan sosok naga sebagai tokoh sentral ceritanya. Nah, kalo udah nonton pasti kesannya mahluk bernama naga itu emang beneran ada. Apa bener begitu??


ASAL USUL NAGA
Sebenarnya hingga saat ini belum ada bukti atau fakta yang menunjukan kalo naga pernah eksis didunia nyata. Meski beberapa punya anggapan yang sebaliknya. Pasalnya nyaris setiap kebudayaan yang ada di seluruh dunia kerap menyinggung –nyinggung soal keberadaan naga serta pengaruhnya yang kuat pada kebudayaan tersebut.
Contohnya pada kebudayaan timur (Asia dan sekitarnya) serta Amrik kuno, naga dianggap sebagai symbol kekuasaan. Kerap pula di hubung- hubungkan dengan kebijakan , keabdian serta nasib baik. Naga pun di gambarkan memiliki kesaktian seperti sihir atau kemampuan supranatural lainnya.

Nggak beda jauh dengan kebudayaan eropa abad pertengahan (medieval). Naga kerap dianggap sebagai lambing indepedensi, kepemimpinan , serta kekuatan. Bahkan sosoknya dianggap mewakili kebijakan pula. Meski demikian ada pula yang menjadikan naga sebagai sumber dari segala sifat jahat.
Kalo melihat persepsi serta gambaran yang ada tentang sosok naga, bisa di bilang mahluk ini nggak lain hanyalah sebuah konsep. Karena sosoknya kerap muncul sebagai symbol- symbol aja . ujungnya naga pun di percaya sebagai mahluk legenda.

Kapan tepatnya konsep naga ini muncul dalam peradaban manusia?? Nggak ada yang tau pasti. Catatan tertua yang menyebut soal naga kemungkinan adalah kisah legenda yunani kuno tentang herkules. Dalam salah satu kisahnya disebutkan adanya sosok naga laut bernama illuyankas yang muncul sekitar tahun 1500 sebelum masehi.


WUJUD NAGA

Naga pada akhirnya emang di yakini sebagai mahluk khayal. Meski begitu pada setiap kebudayaan , wujud naga hamper mirip satu sama lain. Yaitu dengan gambaran kayak semacam ular besar atau reptil yang menetas dari sebuah telur. Naga memiliki tubuh yang luar biasa besar dan kadang memiliki sayap.
Gambaran wujud naga seperti tadi terus melekat sampai sekarang. Bisa jadi ini lantaran kesaksian tokoh- tokoh masa lampau yang mengira telah melihat atau menjadi saksi keberadaan naga.

Contohnya sejarawan yunani, Herodotus, yang kerap di sebut- sebut sebagai bapak sejarah, mengaku telah menyaksikan bukti- bukti yang menunjukan keberadaan naga. Pengakuan ini keluar setelah mengunjungi Yordania sekitar tahun 450 sebelum masehi. Konon kabarnya di situ ditemui banyak bangkai ular besar serta mahluk seperti naga yang berterbangan di angkasa.
Contoh lain berasal dari catatan Marco Polo, penjelajah besar asal italia. Dalam salah satu jurnal perjalanannya di daerah Persia di sebutkan rombongan di serangoleh mahluk seperti naga. Hanya saja kebenarannya diragukan lantaran dianggap hanya usaha buat meraih popularitas aja.
Meski udah di yakini sebagai mahluk khayal, Discovery Channel malah membuat program bertitel Dragons : A Fantasy Made Real. Dalam program ini mereka merancang scenario sekiranya naga beneran ada. Serunya program ini di rancang berdasar data- data ilmiah yang ada. (kidoest news : dari beberapa sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa