Sabtu, 12 September 2009

Cambridge vs Oxford

Dua kota pelajar di inggris

Selain Amerika dan Australia, Inggris terkenal sebagai salah satu tujuan belajar para pelajar Indonesia. Dua kotanya, Cambridge dan Oxford, kerap jadi favorit buat nuntut ilmu.

Persaingan di ke dua universitas ini apalagi kalo bukan soal kualitas dan sama – sama menjadi panutan pendidikan dunia. Wajar aja , kedua universitas ini udah kayak dua aliran yang sama- sama mempunyai “pengikut” yang panatik.
Pernah dengar kamus Oxford?? Nah, itu salah satu bukti kalo keberadaan Oxford udah di akui banget. Atau jaringan pendidikan Cambridge yang luasnya hampir menjangkau universitas di seluruh dunia?? Itu juga salah satu bukti kalo Cambridge udah jadi mahzab para akademia di dunia.
Saking berkualitasnya kedua universitas ini, lulusannya juga orang- orang yang berpengaruh di bumi. Mulai dari penemu, politisi sampai sastrawan legend pernah kuliah di universitas ini.
Dari Cambridge, jebolan yang ngetop antara lain penemu teori gravitasi Isaac Newton, Pangeran Charles dan Edward.
Nggak mau kalah dengan Cambridge, di Oxford juga banyak tokoh- tokoh dunia yang pernah belajar di sini. Eks presiden Amerika Bill Clinton dan istrinya. Bekas PM inggris Margaret Thatcher juga pernah jadi mahasiswi Oxford. Artis Hugh Grant dan penulis cerita lord of the rings JRR Tolkien juga pernah terdaftar jadi mahasiswa di sini.


HARRY POTTER
Yang menarik, kedua universitas ini justru kalah ngetop dengan college-nya. Bingung?? Gini, di kedua system pendidikan universitas ini, istilah universitas berbeda dengan college. Kalo universitas adalah tempat kegiatan belajar dan mengajar berlangsung, sedangkan college adalah tempat tinggal para mahasiswa. Bisa di bilang college adalah asrama untuk tidur, makan dan mengerjakan tugas kuliah.
Kalo masih bingung. Coba inget- inget cerita hari potter. Sekolah harry cs di Hogwarts mengadaptasi system pendidikan di kedua universitas ini. Hogwarts punya 4 college bernama Gryffindor, Hufflepuff, Slytherin, dan Ravenclaw. Kebayang kan??
Nah, Oxford memiliki 39 college, sedangkan Cambridge ada 31 college. Masing –masing college memiliki keunikan sendiri. Sebagai college yang paling tua, paling kaya, atau paling banyak murid favoritnya. Ribetnya, untuk masuk kesini ternyata nggak gampang, jika seorang murid udah di terima masuk ke universitas bukan berarti dia langsung diterima di college. Sang calon mahasiswa harus mendaftarkan dirinya lagi ke college yang dituju dengan persyaratannya masing-masing.
Nama Oxford makin mentereng pas universitas ini di jadiin lokasi syuting sekolah Harry Potter. Masih inget kan bagaimana gedenya sekolah di film itu. Adegan makan di Dining Hall juga mengambil tempat yang sama di ruang makan Christ Church College Oxford. Keren abis kan??


BONGKAR DUA KUBU

Saking kuatnya persaingan diantara dua kota ini, orang- orang di Oxford menjuluki Cambridge, “the order place” alias “tempat yang lain”. Begitu juga sebaliknya.
Simak peta kekuatannya. Siapa tau tertarik !!

UNIVERSITY OF CAMBRIDGE
Julukan : peraih hadiah Nobel terbanyak di dunia
Berdiri : Tahun 1209
Peringkat dunia : 6 (versi Koran inggris, the times)
Biaya pendidikan : 8.800 – 21.500 pounds per tahun
Biaya college : 3500 pounds per tahun
Biaya hidup : 6.200 pounds per tahun
Jurusan favorit : sains dan matematika
Jumlah murid : 16.500 orang
Extra kurikuler popular : mendayung, drama dan debat
Lain- lain : mempunyai kerjasama dengan MIT di Amerika


UNIVERSITY OF OXFORD

Julukan : universitas berbahasa inggris tertua di dunia
Berdiri : Tahun 1096
Peringkat dunia : 5(versi Koran inggris, the times)
Biaya pendidikan : 8.500 – 21.000 pounds per tahun
Biaya college : 1.750 – 4.500 pounds per tahun
Biaya hidup : 9.000 pounds per tahun
Jurusan favorit :politik, sains dan budaya, ilmu sosial
Jumlah murid : 17.000 orang
Extra kurikuler popular : drama dan bowling
Lain- lain : Oxford mempunyai online short course yang bisa di ikuti peminat dari seluruh dunia
(kid-oest news: dari berbagai sumber)

Related Post



Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua Kami terima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya di KID -OEST NEWS.
Share and Comment with me. No spam!

 

Kid-oest News Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon
In Collaboration With fifa