We Blog!

Masih belum punya Blog juga?
Ada jutaan Blog di dunia maya dan setiap hari muncul 80 ribu yang baru, waktunya lo buat jadi salah satunya!

Duabelas tahun lalu, istilah ‘Blog’ bahkan belum eksis. Tapi sekarang , coba lo ketik “Blog” di kotak pencarian Google, kita akan mendapatkan sedikitnya 483.000.000 Blog! WeBlog atau yang sering kita kenal dengan nama Blog, adalah publikasi di web yang berisi posting tulisan atau apapun, serta di update secara rutin. Semacam diary online (jurnal online) yang bisa diakses oleh siapa aja. Bahkan bisa dikomentari. Bentuk dan temanya juga bermacam- macam, bisa cerita tentang kehidupan sehari- hari, mengulas tema olahraga dan music, bahkan bisa juga sebagai sarana kampanye yang berbau politik atau isu social. Penulisnya pun nggak terbatas hanya satu Blogger, tapi juga bisa rame- rame. Biasanya Blogger tergabung pada komunitas yang disebut Webring.

Blog mulai Booming tahun 2003. Setelah ‘kegilaannya’ sempat mereda beberapa waktu lalu, sekaran mulai tren lagi. Beberapa Blogger yang Blognya sukses dan ramai pengunjung malah sudah pindah ‘media’ ke majalah, televise, radio bahkan menerbitkan buku. Dulunya Blog mesti di update secara manual pakai bahasa program yang sulit, tapi sekarang sudah banyak browser software yang memudahkan proses ini. Nggak heran, Blogging (mengupdate Blog) pun jadi nge-trend dimana- mana.

Nggak hanya blogging yang menyenangkan, tapi jadi pembaca Blog atau Blog surfing juga bikin ketagihan. Sekali ketemu Blog yang keren, kita bakal terus datang kesana. Saat membaca sebuah artikel disebuah Blog, kita bakal menemukan banyak link ke Blog lain disana. Itu artinya kita sudah memasuki sebuah Blogosphere. Blogosphere adalah komunitas atau social network yang menghubungkan banyak Blog. Didalam Blogosphere terjalin komunikasi antara Blog satu dengan Blog yang lainnya, sehingga pembatasan topik jadi lebih seru.

Sekarang, mari kita bikin Blog! Mulailah dari tema sederhana seperti jurnal personal. Bikin lay-out yang lebih seru lalu daftar di berbagai fasilitas hosting Blog gratisan yang mudah digunakan seperti Blogger, LiveJurnal, Wordpress. Tapi ingat! Tanpa Promosi dan publikasi, Blog kita dijamin sepi pengunjung. Ada banyak cara agar Blog kita dilirik orang. Salah satunya yang wajib dilakukan adalah mendaftarkan Blog kita di Search Engine. Selain itu juga bisa melalui komunitas Blog, atau dengan cara tukeran link dengan teman sesama Blogger. Go Blogging, People! (Kid- oest News).

1 komentar:

  1. Blog adalah tren baru(sebenarnya sudah lama) buat yang suka internetan,yang suka menuangkan pikiran, yang suka nulis, yang suka berbagi, dll.

    Thanks. Salam Kenal ^^

    BalasHapus

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua diterima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya.
Share and Comment No spam!