Apa maksud Albert Einstein dengan ungkapan, "Tuhan tidak bermain dadu"?


"Tuhan tidak bermain dadu" dari Einstein itu sebenarnya ungkapan metafora yang brilian. Dia pakai ungkapan itu buat menyindir para fisikawan kuantum yang konon katanya terlalu mengandalkan probabilitas dan kebetulan buat menjelaskan fenomena subatomik.

Gini ya sob, kita tahu Einstein itu jenius diatas rata rata manusia. Dia bapaknya teori relativitas yang merevolusi fisika abad ke-20. Tapi rupanya Einstein nggak setuju sama penemuan mekanika kuantum yang lagi heboh-hebohnya waktu itu.

Mekanika kuantum ini menyatakan bahwa tingkah laku partikel-partikel kecil kayak elektron itu acak dan nggak bisa diprediksi secara pasti. Kita cuma bisa hitung probabilitasnya bak main dadu. Misalnya mau nentuin posisi sama momentum elektron secara bersamaan itu mustahil.

Nah Einstein keberatan banget sama konsep ini. Bagi dia, alam semesta itu berjalan menurut aturan yang pasti, bukan kebetulan atau untung-untungan kayak main dadu. Makanya dia bilang "Tuhan gak mungkin bermain dadu". Artinya Pencipta alam semesta tak mungkin membiarkan semesta diatur oleh kesempatan dan chaos semata kan?

Intinya Einstein percaya mesti ada hukum fundamental yang menjelaskan perilaku partikel kecil itu secara deterministik, meski kita belum menemukannya. Dia yakin alam semesta itu teratur dan masuk akal, jadi mestinya partikel-partikel juga taat hukum alam yang belum kita pahami. Begitu keyakinan sang Professor.

Ungkapan Einstein ini nunjukin kegigihan dia buat nemu teori apa yang mengatur alam secara koheren. Inilah yang mendorong Einstein menghabiskan sisa hidupnya mencari "Teori Medan Terunifikasi" meski tak kesampaian. Tapi semangatnya tentang keteraturan alam terus mengilhami pencarian sains hingga hari ini.

Nah itu dia sob! penjelasan panjang lebar soal maksud Einstein bilang "Tuhan gak main dadu". semoga bisa membuka wawasan kita soal pemikiran sang jenius abad 20 satu ini. (Kidoest News : dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik, Usul, Saran, atau Pujian?
semua diterima dengan tangan terbuka!
**TIADA KESAN TANPA KOMEN KAMU!**

Terima Kasih atas Kunjungannya.
Share and Comment No spam!